Perpanjang Runway, Menhub Ingin Bandara Lagaligo Bua Bisa Didarati Boeing 737

Oleh:
Istimewa Bandara Lagaligo Bua di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan

Bisnis.com, LUWU - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Lagaligo Bua di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, dapat didarati pesawat jenis Boeing 737 pada.2021.

Pemerintah akan memperpanjang landas pacu bandara secara bertahap. Budi menyebutkan pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp20 miliar per tahun. Saat ini, panjang runway hanya 1.400 meter dan akan diperpanjang menjadi 2.250 m hingga 3 tahun mendatang.

“Saya sampaikan ke Bupati untuk membebaskan tanah di ujung-ujung runway karena perlu tambahan 200-300 meter di ujung-ujung," kata Budi seusai meninjau Bandara Lagaligo Bua, Rabu (12/9/2018).

Menurut dia, perpanjangan runway ini diperlukan mengingat utilisasi bandara yang saat ini mencapai 80% dari kapasitas yang mencapai 1 juta orang penumpang per tahun. Setidaknya saat ini Wings Air terbang setiap hari ke Luwu, sedangkan Garuda Indonesia empat kali sepekan.

“Itu kondisi yang baik. Ada alasan untuk kita menambah jumlah penerbangan ke sini,” ujarnya.

Dengan perpanjangan landas pacu, Budi memperkirakan bandara mampu menampung 2 juta penumpang setiap tahun.

Menhub mengatakab Bandara Lagaligo Bua akan diresmikan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat bersamaan dengan peninjauan proyek Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja.

“Bisa bulan ini, bisa bulan depan," katanya.

Budi berharap Bandara Lagaligo Bua bisa menjadi bandara anchor bagi 7-8 kabupaten di sekitarnya, a.l. Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, dan Tana Toraja.

Editor: Martin Sihombing

Berita Lainnya: