Saingi Indonesia, Korsel Ajak Korut Calonkan Diri Gelar Olimpiade 2032

Oleh:
Reuters/Pierre Albouy Menteri Olahraga Korsel Do Jong-hwan

Bisnis.com, SEOUL – Korea Selatan akan mengajak Korea Utara untuk mengajukan pencalonan bersama sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 dan juga bertekad mengajukan ide agar negara-negara Timur Laut Asia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Keinginan itu praktis menjadi nancaman bagi Indonesia yang telah menyampaikan keinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 selepas kesuksesan menyelenggarakan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Yonhap melaporkan bahwa Menteri Olahraga Korsel Do Jong-hwan pada Rabu (12/9/2018) mengeluarkan komentar-komentar itu kepada media di Tokyo, Jepang, di mana ia melakukan pertemuan dengan menteri olahraga Jepang dan China.

Do mengatakan menyelenggarakan Olimpiade akan meneruskan kesuksesan Olimpiade musim dingin tahun ini di Pyeongchang, di mana partisipasi Korut membantu meredakan ketegangan di Semenanjung Korea.

"Itu proposal untuk menjadi tuan rumah ajang-ajang di Seoul dan Pyongyang. Olimpiade musim dingin Pyeongchang memperlihatkan nilai-nilai Olimpiade dengan sangat baik. Saya berharap kedamaian di Timur Laut Asia dapat berlanjut melalui olahraga," papar Do.

Kawasan ini menjadi pasangan yang aman untuk menyelenggarakan ajang-ajang internasional, di mana Tokyo menggelar Olimpiade Musim Panas 2020 dan Beijing menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2022, menyusul Pyeongchang sebagai tuan rumah Olimpiade selanjutnya. Seoul juga menjamu Olimpiade musim panas pada 1988.

Korsel dan Jepang bekerja sama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 dan keduanya secara terpisah telah mengajukan diri untuk kembali menyelenggarakan ajang akbar itu, namun dengan China berupaya untuk menjadi tuan rumah turnamen 2030, Do ingin membicarakan pencalonan regional.

"Kami mendengar bahwa China akan melakukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Namun kami ingin membuat proposal untuk menyelenggarakan ajang secara bersama dengan tetangga-tetangga Asia seperti Korea Utara, China, dan Jepang."

"Dengan cara ini, kami dapat memelihara atmosfer kedamaian saat ini dan dapat menghubungkan kedamaian Timur Laut Asia dengan kedamaian di Semenanjung Korea."

Upaya trio Amerika Selatan yang melibatkan Argentina, Uruguay, dan Paraguay telah mengumumkan untuk mencalonkan diri untuk ajang 2030, sedangkan Maroko juga ingin mengajukan penawaran.

Football Association (FA), otoritas sepak bola Inggris, pun telah mengatakan bahwa pihaknya melihat kepada kemungkinan untuk mengajukan pencalonan diri sebagai tuan rumah turnamen, meski terdapat dukungan yang membesar untuk "home nation" yakni Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia.

Source: Antara/Reuters

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Lainnya: