Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemeriksaan di Gilimanuk Dilakukan Lebih Teliti

Selama arus balik, untuk menghindari antrean panjang, pemeriksaan terhadap orang, kendaraan dan barang yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, dipindahkan.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, NEGARA—Selama arus balik, untuk menghindari antrean panjang, pemeriksaan terhadap orang, kendaraan dan barang yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, dipindahkan.

"Untuk sementara kendaraan jenis mobil dan sejenis pemeriksaannya kami lakukan di dalam Terminal Gilimanuk, sedangkan sepeda motor kami periksa di luar," kata Kepala Bagian Operasional Polres Jembrana Komisaris M. Didik Wiratmoko, Selasa (19/6/2018).

Ia mengatakan, meskipun dipindah, prosedur dan standar pemeriksaan tetap dilakukan seperti biasa, hanya dengan kepindahan untuk menghindari antrean di pintu keluar pelabuhan yang bisa mengganggu bongkar muat kapal.

Pemeriksaan di dalam terminal ini, menurutnya, dilaksanakan bersamaan dengan pemeriksaan KTP yang dilakukan petugas Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Jembrana dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Untuk lokasi pemeriksaan sepeda motor, polisi memasang tenda karena lokasi yang terbuka dan cukup panas.

Menurut Didik, dengan dipindahnya pos pemeriksaan polisi ini, pemeriksaan bisa dilakukan dengan lebih teliti, karena tidak khawatir antrean akan mengganggu bongkar muat kapal.

"Pemeriksaan yang teliti terhadap orang, kendaraan dan barang yang keluar maupun masuk Bali penting untuk menjaga keamanan. Dengan situasi kendaraan padat seperti arus balik saat ini, memindahkan lokasi pemeriksaan ke terminal dengan daya tampung yang besar sudah tepat," katanya.

Polisi yang bertugas melakukan pemeriksaan, menurutnya, dibagi dua yaitu di luar terminal untuk jenis sepeda motor dan dalam terminal untuk mobil dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper