Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arkeolog Universitas Udayana Pamerkan 51 Artefak Hasil Temuan

Arkeolog Universitas Udayana memamerkan 51 artefak hasil temuan di perairan Indonesia untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama anak-anak sekolah mengenai sejarah dan Budaya Indonesia.
Pengunjung mengamati artefak hasil temuan di Perairan Indonesia/Ni Putu Eka Wiratmini
Pengunjung mengamati artefak hasil temuan di Perairan Indonesia/Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, DENPASAR -- Arkeolog Universitas Udayana memamerkan 51 artefak hasil temuan di perairan Indonesia untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama anak-anak sekolah mengenai sejarah dan Budaya Indonesia. 

Dosen Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Kristiawan mengatakan selama ini banyak sekali temuan arkeologi bahwa air yang terabaikan. Dia pun mengharapkan dengan mengenalkan penemuan arkelogi ini ke masyaarakat akan makin banyak yang peduli dengan sejarah Bangsa.

Adapun pameran maritim dari arkeolog Universitas Udayana ini akan diadakan mulai Jumat (21/9/2018) sampai Senin (24/9/2018) di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Ditarget selama acara akan didatangi hingga 1.000 pengunjung.

Kata dia, Universitas Udayana telah melakukan penelitian bawah air sejak 5 tahun lalu. Namun, kebanyakan dari penelitian itu hanya berakhir di laboratorium maupun karya tulis belaka.

Pameran pun sengaja menggunakan dukungan media multimedia mulai dari video hingga gambar, selain koleksi artefak, untuk memberikan pemahaman lebih ke pengunjung.

"Hari ini yang kita pamerkan beberapa lokasi temuan perairan Cirebon dan Buleleng dan metode penyampaian kita sengaja menggunakan teknologi multimedia sebagai alternatif media," katanya, Jumat (21/9/2018).

Dia memerinci, pameran kali ini menampilkan mulai dari video lengkap dengan penjelasan habitat bawah air, relief borobudur, replika perahu bercadik, etnografi leviathan lamalera, etnografi matitim, hingga artfeak keramik hasil pengangkatan kapal tenggelam di perairan Indonesia. 

Secara keseluruhan, pameran menampilkan artefak hingga relief abad ke-8. Pada masa itu, maritim Indonesia memang sedang berkembang pesat. 

"Relief borobudur kita pilih karena ada perahu bercadik, jadi reliefnya ini abad ke-8 dan semuanya sengaja kita angkat karena merupakan awal masa klasik di mana maritim sedang berkembang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler