Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Kenyamanan Wisatawan, Badung Operasikan Command Center

Pemkab Badung terus berupaya meningkatkan layanan untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan di antaranya melalalui ‘command center’ yang akan segera diresmikan.
Pantai Pandawa di Badung, Bali./Bisnis.com-Feri Kristianto
Pantai Pandawa di Badung, Bali./Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, MANGUPURA—Pemkab Badung terus berupaya meningkatkan layanan untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan di antaranya melalalui ‘command center’ yang akan segera diresmikan.

Kepala Dinas Pariwisata badung Made Badra mengatakan ‘command center’ yang terletak di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung ini didukung teknologi komunikasi terkini dan internet kecepatan tinggi yang akan diresmikan bulan depan.

“Pemantauan melalui ‘command center’ ini bisa dianalisis dan ditindaklanjuti dengan cepat untuk pelayanan paripurna kepada wisatawan maupun masyarakat umum,” katanya, Selasa (16/10/2018).

Menurut Badra pengoperasian ‘command center’ ini akan diikuti dengan sejumlah aplikasi berbasis digital yang memudahkan wisatawan mengakses berbagai informasi dan layanan.

Seluruh CCTV atau kamera pengawas yang telah terpasang sejumlah kawasan wisata  bisa diakses dari pusat komando ini bahkan mampu melakukan pengenalan wajah melaluim’zoom in’.

Kata dia peralatan canggih ini juga bisa menghitung jumlah orang dalam suatu kerumunan, sehingga setiap peristiwa bisa diantisipasi baik kenyamanan maupun pengamanannya.

Seluruh perangkat di ‘command center’ ini juga merupakan bagian dari program Badung Smart City yang didukung dengan akses internet bekecepatan tinggi dan gratis.

Untuk menggelar backbone fiber optik dengan sekitar 1.000 titik WiFi dengan kecepatan hingga 10Mbps, Pemkab Badung diperkirakan mengeluarkan anggaran sekitar Rp26 milir-Rp30 miliar.

Pemasangan akses internet gratis ini untuk tahap awal menyasar sekolah, balai banjar, puskesmas, kantor desa, kantor kecamatan, dan destinasi wisata, kemudian dilanjutkan hingga menjangkau 122 desa adat yang memiliki 531 banjar. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper