Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memprihatinkan, Masalah Stunting di Lebak Harus Segera Dituntaskan

Anggota DPRD Kabupaten Lebak Muhammad Husen mendesak Pemerintah Provinsi Banten membebaskan persoalan stunting atau tubuh kerdil akibat asupan gizi anak, dan sanitasi buruk.
Ilustrasi gizi buruk/Reuters
Ilustrasi gizi buruk/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota DPRD Kabupaten Lebak Muhammad Husen mendesak Pemerintah Provinsi Banten membebaskan persoalan stunting atau tubuh kerdil akibat asupan gizi anak, dan sanitasi buruk.

"Prihatin ribuan anak Banten mengalami stunting sehingga bisa mengancam kehilangan generasi," kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Banten di Lebak, Banten, pada Sabtu (31/3/2018).

Selama ini, Provinsi Banten masuk kategori daerah stunting, bahkan belum lama ini Menteri Sosial Idrus Marham dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi mendatangi warga Kabupaten Lebak dengan membawa keempat anak yang diduga mengalami lumpuh layu akibat asupan gizi ke rumah sakit.

Kedatangan pejabat itu tentu diapresiasi berbagai kalangan masyarakat sehingga diharapkan penanganan stunting perlu melibatkan berbagai komponan mulai kepala daerah, Dinas Kesehatan, petugas medis, tokoh agama, masyarakat, dan relawan. Di samping juga dioptimalkan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat.

Begitu juga masyarakat dapat memiliki sanitasi yang layak serta anak-anak yang mengalami infeksi dapat diobati oleh petugas medis.

Saat ini, anak mengalami stunting bukan hanya dari keluarga miskin saja, tetapi kalangan orang mampu ekonomi juga mengalami gizi buruk.

"Kami berharap Pemprov Banten tidak hanya memfokuskan pembangunan fisik, tetapi bisa mengalokasikan dana pemberian makanan tambahan (PMT) guna membebaskan pertumbuhan kerdil itu," ujarnya.

Menurut dia, penyebab tingginya anak-anak mengalami pertumbuhan kerdil akibat kurangnya perhatian orang tua terhadap asupan gizi anak dan sanitasi buruk. Begitu juga rendahnya PHBS sehingga anak mudah terserang penyakit infeksi.

Masyarakat harus mewaspadai jika anak dan ibu hamil mengalami persoalan asupan gizi karena bisa menimbulkan stunting.

Di samping itu juga munculnya penyakit-penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, stroke, dan lain sebagainya. "Kami minta pola asuh anak harus baik sehingga asupan gizi anak sangat baik dan tidak mengalami masalah gizi buruk juga dilakukan imunisasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler