Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belanda Terancam Gagal ke Piala Dunia 2018, Blind Segera Mundur?

Pelatih Belanda Danny Blind mempertimbangkan masa depannya di timnas setelah kalah dari Bulgaria dengan skor 0-2 dalam matchday kelima Grup A Piala Dunia 2018.
Pelatih Timnas Belanda Danny Blind/Reuters-Toussaint Kluiters
Pelatih Timnas Belanda Danny Blind/Reuters-Toussaint Kluiters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Belanda Danny Blind mempertimbangkan masa depannya di timnas setelah kalah dari Bulgaria dengan skor 0-2 dalam matchday kelima Grup A Piala Dunia 2018 zona Eropa yang mengancam skuat Oranje gagal lolos ke putaran final di Rusia tahun depan.

Kekalahan itu membuat Belanda kini berada di peringkat empat klasemen sementara Grup A, padahal hanya juara grup yang langsung lolos ke Rusia, sementara runner up grup harus bertemu peringkat kedua grup lainnya untuk berebut selembar tiket.

"Saya yang bertanggung jawab atas hasil itu. Saya mesti berpikir apakah masih mampu atau tidak menjadi pelatih. Tiba waktunya berkaca karena situasi tidak bisa berjalan terus seperti ini," kata Danny selepas pertandingan pada Minggu WIB 26/3/2017).

Dengan kekalahan tersebut, rekor Blind selama menangani Belanda adalah tujuh kemenangan dan tujuh kekalahan dari 17 kali penampilan.

Pada pertandingan pertamanya sebagai pelatih, Blind menyaksikan anak-anak asuhnya kalah secara mengejutkan dari Islandia dalam Pra-Piala Eropa 2016.

"Saya harus jujur pada diri sendiri dan federasi KNVB. Saya bisa memperbaiki keadaan, tetapi di sisi lain lolos ke Piala Dunia di Rusia adalah sesuatu yang sulit," kata Blind.

Setelah pertandingan melawan Bulgaria, ayah pesepak bola Manchester United Daley Blind ini mendapat banyak kritikan terutama karena menurunkan bek berusia 17 tahun Matthijs de Ligt sejak menit pertama walau minim bermain di level klub bersama Ajax Amsterdam.

De Ligt pun menjadi sorotan sebab kesalahannya berujung pada gol pertama Bulgaria pada menit ke-5 oleh Spas Delev, yang kemudian juga membuat gol kedua.

"Saya mengaku terlalu dini memasukkan namanya dalam tim. Apa yang saya harapkan dari Matthijs ternyata tak terjadi dan itu sepenuhnya tanggung jawab saya. Namun, para pemain bintang di skuat juga tidak bisa memberi kemampuan terbaiknya," ujar Blind.

Adapun kegagalan Belanda lolos ke Piala Eropa 2016 merupakan pukulan telak karena 2 tahun sebelumnya mereka berhasil menjadi peringkat ketiga Piala Dunia di Brasil dan 7 tahun lalu runner up Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Belanda baru mengoleksi tujuh poin di Grup A, dan berada di peringkat keempat di bawah Prancis (13 poin), Swedia (10) dan Bulgaria (9).

Berikutnya, Belanda bertemu dengan Italia dalam laga persahabatan pada Selasa (28/3) waktu setempat. Sementara di kualifikasi Piala Dunia, Belanda akan melawan Luksemburg pada 9 Juni 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper