Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIMNAS BELANDA: Ini Permintaan Arjen Robben

Kapten Belanda Arjen Robben percaya bahwa dia dan rekan setimnya berpengalaman Wesley Sneijder harus diberikan peran dalam membantu untuk menemukan pengganti mantan pelatih tim nasional Danny Blind, yang dipecat pada akhir pekan.
Arjen Robben/Juventus
Arjen Robben/Juventus

Bisnis.com, AMSTERDAM - Kapten Belanda Arjen Robben percaya bahwa dia dan rekan setimnya berpengalaman Wesley Sneijder harus diberikan peran dalam membantu untuk menemukan pengganti mantan pelatih tim nasional Danny Blind, yang dipecat pada akhir pekan.

"Kami telah di tim selama 14 tahun terakhir dan telah mengatakan kepada KNVB (asosiasi sepak bola Belanda), kita ingin menjadi bagian dari proses," kata pemain sayap Bayern Munich kepada wartawan setelah kekalahan 2-1 dari Italia dalam pertandingan persahabatan di Amsterdam pada Selasa (28/3/2017).

"Kami telah membangun pengalaman yang tepat dengan pelatih selama bertahun-tahun dan kami tahu apa yang skuad ini butuhkan dan kami pikir kami juga memiliki ide yang baik yang akan cocok dengan kelompok."

Sebagai kapten, pemain berusia 33 tahun ini, mengatakan ia memiliki tanggung jawab untuk terus bermain sebagai pejuang Belanda yang berada dalam bahaya kehilangan Piala Dunia tahun depan.

"Aku adalah titik kontak pertama antara asosiasi dan para pemain. Saya tidak punya rencana untuk berhenti. Itu sebabnya Wesley dan saya ingin terlibat dalam proses," katanya kepada televisi Belanda NOS.

Louis van Gaal telah muncul sebagai favorit media untuk kembali ke pucuk pimpinan tim yang dipimpinnya ke semi-final Piala Dunia 2014 di Brasil, tetapi Robben mengatakan ia tidak ingin membahas calon perseorangan.

"Saya akan memiliki Van Gaal di daftar tetapi terlalu dini untuk mulai menyebutkan nama-nama tertentu."

KNVB mencari pengganti Blind, yang dipecat pada Minggu setelah kehilangan 2-0 di Bulgaria pekan lalu dan meninggalkan Belanda di tempat keempat di grup kualifikasi Piala Dunia mereka, enam poin dari pemimpin klasemen.

"Hari-hari terakhir penuh gejolak. Kami tidak melihat semua itu datang. Hal ini dipercaya seberapa cepat hal bisa berubah dalam waktu 24 jam," tambah Robben sebagai reaksi terhadap pemecatan.

Robben, dengan 90 caps, dan Sneijder 32 tahun adalah pemain paling berpengalaman dalam skuad Belanda yang relatif muda.

Sneijder memenangkan caps ke-128, Selasa sebagai pengganti dan sekarang hanya dua di belakang jumlah yang diraih Edwin van der Sar dari penampilan internasional Belanda.

Belanda akan memainkan tiga pertandingan internasional musim ini, dengan persahabatan melawan Maroko pada 31 Mei, Pantai Gading pada 4 Juni dan kemudian kualifikasi Piala Dunia di kandang Luksemburg pada 9 Juni.

Seorang pelatih baru diharapkan akan ada sebelum game-game itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper