Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beli Tanah di Miami, Beckham Siap Bangun Stadion untuk Klubnya

David Beckham berencana membuat klub sepakbola profesional untuk kota Miami. Mimpi itu semakin nyata setelah mantan Kapten Timnas Inggris itu memperoleh sebidang tanah untuk membangun stadion.
David Beckham/thedailybeast.com
David Beckham/thedailybeast.com

Bisnis.com, JAKARTA -- David Beckham berencana membuat klub sepakbola profesional untuk kota Miami. Mimpi itu semakin nyata setelah mantan Kapten Timnas Inggris itu memperoleh sebidang tanah untuk membangun stadion.

Tim Miami Beckham United, klub garapan Beckham itu mendapat persetujuan dari politisi di daerah Miami-Dade untuk membeli tanah seluas tiga hektar di Overtown seharga $9 juta setara Rp118 miliar. Sementara itu enam hektare lahan terlantar lainnya telah dijamin oleh klub tersebut seharga $19 juta atau setara Rp250 miliar.

Dengan demikian,langkah tersebut membuka jalan bagi pembangunan stadion berkapasitas 25.000 tempat duduk oleh Populous, firma arsitektur  yang merancang stadion Olimpiade London 2012.

"Dengan membeli sebidang tanah terakhir yang dibutuhkan untuk stadion yang didanai secara pribadi, Miami Beckham United (MBU) mencapai tonggak utama lainnya dalam perjalanan ke Major League Soccer secara resmi memberikan Miami sebuah waralaba," kata sebuah pernyataan dari MBU seperti dikutip dari Dezeen.com, Senin (12/6/2017).

Usaha membawa MBU ke Major League Soccer ke Miami diinisiasi oleh Beckham pada Februari 2013. Namun upaya tersebut terhenti karena proposal perencanaan ditolak dan tentangan dari penduduk setempat.

Dengan membeli tanah untuk pembangunan stadion ini, pihak klub percaya diri menatap impian tampil di MLS. Terlebih mereka mendapat dukungan  pengusaha musik dan TV Simon Fuller, milyarder telekomunikasi Bolivia Marcelo Claure dan rekan pemilik Los Angeles Dodger Todd Boehly.

"MBU telah mengumpulkan tim mitra kelas dunia, memberikan sebuah visi untuk membangun klub sepak bola utama di Amerika, dan mengumpulkan lahan yang dibutuhkan untuk membangun stadion kami," ujar pihak MBU.

Beckham, bermain untuk Manchester United, Real Madrid dan LA Galaxy, dan menjadi kapten timnas Inggris hingga pensiun pada 2013.

Dia pertama kali mengusulkan sebuah stadion berbentuk mangkuk oleh firma arsitektur Arquitectonica dan 360 Architecture untuk Port of Miami, dekat dengan Museum Seni Perez, pada 2014. Namun politisi setempat menolak skema tersebut.Desain terbaru stadion dikabarkan memiliki bentuk yang kurang mekar, namun tetap memiliki atap terbuka. Sekarang dikelilingi oleh kolom terbuka yang memungkinkan pemandangan ke teras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper