Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas U-16 Indonesia Juara di Vietnam, Taiwan Digilas 11-0

Pelatih tim nasional U-16 Fakhri Husaini meminta timnya tidak terlena dengan gelar juara turnamen sepak bola U-15 internasional Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam pada Minggu (18/6).
Timnas U-16 Indonesia/Bisnis.com
Timnas U-16 Indonesia/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Pelatih tim nasional U-16 Fakhri Husaini meminta timnya tidak terlena dengan gelar juara turnamen sepak bola U-15 internasional Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam pada Minggu (18/6).

"Saya harap kami tidak terlena karena tugas belum selesai. Berikutnya ada kompetisi yang lebih berat yaitu Piala AFF serta kualifikasi Piala Asia pada Juli dan September 2017," kata Fakhri, dikutip dari pernyataannya yang diperoleh di Jakarta, Senin.

Meski demikian, Fakhri tetap bersyukur atas gelar dari turnamen invitasi U-15 internasional yang diikuti empat negara termasuk Indonesia itu.

Menurut dia, juara bisa diraih karena kerja sama dan kerja keras semua elemen tim yaitu para ofisial, tim pelatih dan tentu saja seluruh pemain.

"Saya bangga dengan semangat pantang menyerah dan tidak kenal takut yang diperlihatkan para pemain," kata Fakhri.

Dia melanjutkan, timnas U-16, yang para pemainnya berusia maksimal 15 tahun atau paling tua kelahiran tahun 2002, mendapatkan banyak pelajaran dari keikutsertaan di Tien Phong Plastic Cup 2017. Namun, masih banyak yang perlu ditingkatkan dari tim untuk laga-laga ke depan.

"Ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki. Izinkan saya juga berterima kasih kepada masyarakat dan pencinta sepak bola Indonesia, juga ofisi serta pemain timnas U-16 yang masih di Cijantung, Jakarta Timur, dan tidak ikut berangkat ke Vietnam, atas doa dan dukungan kepada kami," tutur Fakhri.

Tim nasional U-16 Indonesia berhasil menjadi juara Tien Phong Plastic Cup 2017 setelah mencatatkan poin tertingi di turnamen, yaitu tujuh poin dari tiga laga. Indonesia menang Myanmar 4-1, seri dengan tuan rumah Vietnam 1-1 dan menaklukkan Taiwan di partai terakhir dengan skor telak 11-0.

Mereka tak terkejar oleh pesaing terdekatnya, Vietnam yang hanya menorehkan lima poin dari tiga laga hasil satu kemenangan dan dua seri.

Selain gelar juara, Indonesia juga meraih penghargaan "Fair Play Award", pencetak gol terbanyak atas nama Rendy Juliansyah (tujuh gol) dan pemain terbaik sepanjang turnamen atas nama Hamsah Lestaluhu.

Gelar juara di Vietnam menjadi modal positif bagi timnas U-16 yang berikutnya akan berlaga di Piala AFF U-15.

Piala AFF U-15 sendiri digelar pada 9-22 Juli 2017 dan Indonesia bergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura.

Setelah itu, mereka nantinya melanjutkan kiprah di kualifikasi Piala Asia U-16 2018, pada 16-24 September 2017, di mana Indonesia menghuni Grup G beserta Laos, Timor Leste, Kepulauan Mariana Utara dan Thailand sebagai tuan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper