Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cetak 30 Gol Untuk Liverpool, Salah Puji Taktik Klopp

Top skor Liverpool Mohamed Salah Ghaly memuji pelatih Jurgen Klopp atas penerapan taktik yang membuatnya lebih produktif mencetak gol karena perubahan posisinya bermain.
Striker Liverpool Mohamed Salah/Reuters-Hannibal Hanschke
Striker Liverpool Mohamed Salah/Reuters-Hannibal Hanschke

Bisnis.com, JAKARTA – Top skor Liverpool Mohamed Salah Ghaly memuji pelatih Jurgen Klopp atas penerapan taktik yang membuatnya lebih produktif mencetak gol karena perubahan posisinya bermain.

Salah, ujung tombak Timnas Mesir, menjaringkan 30 gol dari 36 pertandingan di semua kompetisi sejak didatangkan Liverpool dari klub Serie A Italia AS Roma pada bursa transfer musim panas tahun lalu.

Khusus di ajang Liga Primer Inggris, Salah menduduki posisi kedua dalam daftar pencetak gol sementara dengan 22 gol, hanya satu lebih sedikit dari bomber Tottenham Hotspur Harry Kane sebagai top skor.

“Dengan bos di sini, saya main sedikit lebih dekat ke gawang, lebih dari pelatih tim-tim sebelumnya,” demikian pernyataan pemain 25 tahun itu pada program resmi menjelang pertandingan Liverpool.

“Dengan demikian, saya selalu berada di depan gawang untuk memberi kesempatan saya bisa mencetak gol. Saat latihan, pelatih selalu mengatakan kepada saya agar bertahan dekat gawang lawan,” ujarnya.

Salah memulai karier profesional di klub negaranya, El Mokawloon, pada 2020. Setelah 2 tahun, dia merantau ke Eropa, bergabung dengan klub Swiss, Basel.

Pada Liga Champions Eropa musim 2013-2014, dia bermain cemerlang untuk membawa Basel dua kali mengalahkan jagoan Inggris, Chelsea, di fase grup.

Di pertemuan pertama di Stadion Stamford Bridge, London, Basel menang 2-1 dengan gol pertama dicetak Salah, sedangkan pada pertemuan kedua di Stadion St. Jakob-Park di Basel, Salah mencetak gol tunggal pembawa kemenangan tuan rumah 1-0.

Ironisnya, saat itu Chelsea tampil sebagai juara Grup E, sedangkan Basel hanya finis ke posisi kletiga alias gagal melaju ke 16 besar Liga Champions dan harus bermain di 32 besar Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa kelas dua.

Meski demikian, kehebatan Salah membuat Chelsea tertarik meminangnya pada akhir musim. Dia resmi bergabung ke skuat The Blues pada 2014, tetapi kemudian lebih banyak dipinjamkan ke dua klub Italia, Fiorentina dan AS Roma.

Roma kemudian memermanenkan kepemilihan Salah pada pertengahan 2016. Kariernya semakin cemerlang setelah ditarik Klopp ke Liverpool medio tahun lalu.

Untuk negaranya, Salah berperan sungguh penting untuk membawa Mesir ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada pertengahan tahun ini. Salah mempunyai 56 caps untuk Timnas Mesir dengan mengontribusi 32 gol atau 0,57 gol per pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper