Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia 2018 Belum Dimulai, Adidas Sudah Jadi Pemenang

Adidas berhasil mengungguli Nike dalam hal sponsor perlengkapan sepakbola bagi tim nasional (timnas) peserta Piala Dunia 2018.
Piala Dunia 2018 akan digelar di Rusia pada 14 Juni-15 Juli 2018./FIFA
Piala Dunia 2018 akan digelar di Rusia pada 14 Juni-15 Juli 2018./FIFA

Bisnis.com, JAKARTA -- Meskipun Piala Dunia 2018 belum dimulai, tapi sudah ada kompetisi yang dimenangkan antara dua rival berat produsen perlengkapan olahraga.

Adidas berhasil mengungguli Nike dalam hal sponsor perlengkapan sepakbola bagi tim nasional (timnas) peserta Piala Dunia 2018. Dilansir dari Reuters, Rabu (30/5/2018), Adidas menjadi sponsor bagi 12 timnas sedangkan Nike 10 timnas.

Adapun total tim yang akan berlaga di hajatan sepakbola terbesar dunia pada Juni-Juli 2018 di Rusia itu adalah 32 tim dari seluruh dunia.

Beberapa negara yang akan menggunakan produk Adidas adalah Jerman, Spanyol, dan Rusia. Sementara itu, produk Nike antara lain bakal dipakai oleh Brazil, Prancis, dan Inggris.

Adidas juga menjadi sponsor resmi Piala Dunia 2018. Namun, para analis memperkirakan pengaruhnya tidak banyak terhadap kinerja perusahaan asal Jerman itu.

Pasalnya, negara Eropa Timur itu sedang mengalami perlambatan ekonomi.

"Piala Dunia di Rusia memang memberikan peluang ekonomi yang lebih kecil dibandingkan ajang yang sama empat tahun lalu di Brazil," papar Chief Executive Adidas Kasper Rorsted.

Puma, merek asal Jerman, berada di posisi ketiga dengan empat tim. Jumlah ini hanya separuh dari yang mereka sponsori pada Piala Dunia sebelumnya.

Tetapi, Chief Executive Puma Bjorn Gulden mengungkapkan Piala Dunia tetap membantu kinerja perusahaan dan meningkatkan pesanan yang diterima untuk kuartal II/2018 serta kuartal III/2018.

Meski demikian, Nike masih mendominasi sebagai sponsor dalam kategori individu para pemain. Sekitar 60% pesepakbola yang berlaga di ajang tersebut diperkirakan akan menggunakan sepatu yang diproduksi perusahaan asal AS itu.

Tercatat sekitar separuh pesepakbola Jerman dan Spanyol serta tiga perempat pesepakbola Rusia bakal memakai sepatu Nike, meski kaus yang dikenakan bermerek Adidas.

Adidas melaporkan penjualan produk yang terkait sepakbola mencapai 2,1 miliar euro pada 2014. Ketika itu, mereka menjual 14 juta bola resmi dan 8 juta jersey, termasuk 3 juta di antaranya jersey Jerman--pemenang Piala Dunia 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper