Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Inggris vs Tunisia, The Three Lions Lupakan Masa Lalu

Inggris akan memasuki pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Tunisia pada hari Senin (18/6/2018), bebas dari beban psikologis yang telah terbangun setelah kerap keluar dari turnamen dengan 'pincang', kata manajer Gareth Southgate pada hari Minggu (17/6/2018).
Timnas Inggris merayakan gol kedua ke gawang Nigeria yang dicetak kapten tim Harry Kane (kanan) dalam uji coba pada Minggu dini hari WIB (3/6/2018)./Reuters-Darren Staples
Timnas Inggris merayakan gol kedua ke gawang Nigeria yang dicetak kapten tim Harry Kane (kanan) dalam uji coba pada Minggu dini hari WIB (3/6/2018)./Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, VOLGOGRAD, Rusia - Inggris akan memasuki pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Tunisia pada hari Senin (18/6/2018), bebas dari beban psikologis yang telah terbangun setelah kerap keluar dari turnamen dengan 'pincang', kata manajer Gareth Southgate pada hari Minggu (17/6/2018).

Inggris jatuh di rintangan pertama di Brasil empat tahun lalu setelah gagal memenangkan pertandingan penyisihan grup.

Dua tahun kemudian mereka tersingkir dari Euro 2016 oleh Islandia yang kecil, yang mengarah ke kritik bahwa tim yang dulunya salah satu tim top dunia telah kehilangan kekuatan mental untuk bersaing.

"Saya pikir sejarah akan membantu kami dalam memahami apa yang bisa kami perbaiki dan apa yang bisa kami lakukan. Kami belajar pelajaran dari masa lalu,"  ujar Southgate kepada wartawan.

"Tim ini seharusnya tidak dibebani dengan itu karena mereka adalah grup baru," pelatih, yang telah mempromosikan pemain muda sejak pengangkatannya pada  2016, mengatakan. "Para pemain masa lalu dan peluang masa lalu telah hilang."

Inggris masuk ke pertandingan Grup G Senin di Volgograd Arena melawan Tunisia untuk maju ke tahap berikutnya bersama dengan Belgia. Anak-anak baru Piala Dunia Panama ada di  grup itu juga.

Namun pendukung Inggris tidak menerima apa-apa setelah serangkaian kegagalan yang mengecewakan dari turnamen besar - tim belum memenangkan pertandingan knockout di Piala Dunia sejak 2006.

Southgate mengatakan dia fokus untuk menopang pola pikir para pemainnya, menjelaskan kepada mereka pentingnya menempel pada rencana permainan dan siap untuk semua skenario di lapangan, sesuatu yang  Spanyol dan Portugal wujudkan dalam pertandingan 3-3 yang menegangkan Jumat.

"Mereka berdiskusi  kami sudah cukup sedikit, tetapi tentu saja pada akhirnya Anda harus terus bermain sebagai tim dan memenangkan pertandingan itu untuk membiakkan kepercayaan diri itu," katanya.

"Yang paling penting adalah Anda memiliki pemahaman tentang berpegang pada prinsip Anda, apa pun keadaan permainannya."

Kapten Harry Kane, salah satu dari banyak pemain Inggris yang menyaksikan kampanye Inggris di Brasil gagal keluar dari liburan musim panasnya empat tahun lalu, mengatakan Southgate telah membawa ide-ide segar dan positif kepada tim barunya.

"Kami ingin menyerang turnamen ini, kami ingin menciptakan peluang, kami ingin mencetak gol," katanya.

Southgate mengatakan dia sudah menginformasikan para pemainnya yang akan memulai untuk Inggris melawan Tunisia.

"Saya hanya merasa itu memberikan beberapa kejelasan. Ini adalah sesuatu yang dalam beberapa turnamen yang saya mainkan, para manajer melakukan di minggu yang mengarah ke pertandingan pertama dan saya pikir itu memberi setiap orang kesempatan untuk benar-benar fokus."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper