Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Nations League: Belanda Tim Terakhir Lolos ke Putaran Final

Belanda mencetak dua gol pada menit-menit akhir untuk mengimbangi Jerman 2 - 2 dan lolos ke putaran final Nations League Eropa.
Bek Timnas Belanda Virgil van Dijk merayakan gol ke gawang Jerman./Reuters-Leon Kuegeler
Bek Timnas Belanda Virgil van Dijk merayakan gol ke gawang Jerman./Reuters-Leon Kuegeler

Bisnis.com, JAKARTA Belanda mencetak dua gol dalam 5 menit terakhir untuk bangkit dari tertinggal dua gol dan bermain imbang 2-2 dengan Jerman yang sudah terdegradasi dalam pertandingan Nations League Eropa level A di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Jerman.

Dengan hasil pertandingan Grup 1 pada Selasa (20/11/2018) dini hari WIB itu, Belanda mengamankan tiket terakhir ke putaran final tahun depan dengan menyingkirkan juara dunia Prancis.

Seperti dilaporkan laman resmi Union of European Football Associations (UEFA), tendangan voli jarak dekat Virgil van Dijk pada fase akhir pertandingan menyamakan kedudukan bagi tim tamu, setelah Quincy Promes memperkecil ketinggalan pada menit ke-85, di mana Jerman telah unggul dua gol melalui Timo Werner dan Leroy Aziz Sane.

Swiss, Inggris, dan tuan rumah Portugal telah lolos ke putaran final yang akan diikuti empat tim pada Juni.

Belanda memuncaki klasemen Liga A Grup 1 meski menyelesaikan perjalanannya dengan koleksi 7 poin yang sama dengan Prancis, namun tim Oranje memiliki catatan head-to-head yang lebih baik.

Jerman, yang tersingkir di fase grup pada Piala Dunia pada Juni lalu, finis di posisi terakhir dengan hanya mengoleksi 2 poin.

Namun lini depan muda mereka yang bergerak cepat, dijuluki The Moped Gang, terlihat menjanjikan dan menghidupkan permainan ketika Werner (22 tahun) dan Sane, ditambah Serge Gnabry (23), meneror pertahanan Belanda dengan kecepatan mereka, khususnya pada babak pertama.

Mereka telah memperlihatkan potensinya saat menang 3-0 atas Rusia dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung pada Kamis, ketika pelatih Joachim Loew melakukan sejumlah perubahan setelah Jerman tersingkir di Piala Dunia dan terdegradasi di Nations League.

Jerman membuka keunggulan pada menit ke-9, ketika Werner mengendalikan operan dengan kepalanya dan kemudian melepaskan tembakan dari jarak 20 meter setelah bola turun dari luar kotak penalti.

Sane menyelesaikan pergerakan yang hampir serupa pada menit ke-20, ketika bergerak mengejar operan Toni Kroos dan melesakkan gol kedua di malam itu dengan tembakan yang terdefleksi dari tepi kotak penalti.

Gnabry hampir mengemas gol ketiga dengan sundulan kepala pada menit ke-40, dan Werner mampu mengungguli pengawalnya namun tembakannya melebar pada menit ke-60, ketika Belanda masih kesulitan menembus pertahanan lawannya dan tetap ompong di lini depan sampai Promes memperkecil ketertinggalan.

Mereka kemudian menyamakan kedudukan melalui Van Dijk untuk mengamankan tempat di putaran final kompetisi di Portugal.

Tiga tim lain yang telah lebih dahulu memastikan tempat di putaran final yang terdiri atas empat tim ialah Swiss yang secara mengejutkan menyingkirkan peringkat teratas FIFA Rankung Belgia, Portugal, dan Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper