Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Entrepreneur ala Michael Bloomberg

Banyak orang ingin menjadi entrepreneur, tetapi tidak banyak yang tahu. Berikut tips yang diberikan Michael Bloomberg. pendiri Bloomberg L.P, multi-miliarder dan Wali Kota New York City sejak 2002.
Michael Bloomberg/Forbes
Michael Bloomberg/Forbes

Bisnis.com, JAKARTA - Michael Rubens Bloomberg –lahir 14 Februari 1942-- adalah pendiri Bloomberg L.P, multi-miliarder dan Wali Kota  New York City  sejak 2002. Ia adalah mitra umum di Salomon Brother sebelum mendirikan perusahaan layanan perangkat lunak  finansial pada 1981.

Politikus ini adalah anggota Partai Demokrat selama beberapa tahun, tetapi kemudian berpindah ke Partai Republik   pada  2001 dan dalam partai itulah, ia menjadi wali kota di New York. Ia dipilih kembali pada 2005. Pada  19 Juni 2007 Michael Bloomberg meninggalkan Partai Republikan sebagai calon independen. Kini Bloomberg sering disebutkan sebagai calon independen dalam Pilpres 2008. Bloomberg adalah seorang Yahudi. Leluhurnya adalah orang Yahudi-Rusia.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi seorang pengusaha sukses berdasarkan pengalaman saya membangun perusahaan dari bawah ke atas , menuju New York City sebagai walikota , dan pendiri sebuah organisasi filantropi .

1 . Mengambil risiko .

Hidup ini terlalu singkat untuk Anda ghabiskan  menghindari kegagalan .
Pada  1981 , pada usia 39 , saya dipecat dari satu-satunya pekerjaan penuh-waktu yang pernah saya miliki - pekerjaan yang saya cintai.
Tapi aku tidak pernah membiarkan diriku melihat ke belakang , dan keesokan harinya saya mengambil risiko besar dan mulai perusahaan saya sendiri berdasarkan ide yang kata   hampir semua orang berpikir akan gagal : yakni membuat informasi keuangan yang disediakan  untuk orang-orang , tepat di desktop mereka . Ingat, ini sebelum orang memiliki desktop.

Pada  2001 , ketika saya sedang berdebat apakah akan mencalonkan walikota , kebanyakan orang menyarankan saya menentangnya . Mereka semua takut aku akan gagal. Tapi satu orang berkata : " Jika Anda dapat membayangkan diri Anda memberikan pidato konsesi , maka mengapa tidak pergi untuk itu? " Itu saran terbaik yang saya terima - dan aku mengikutinya .

Agar berhasil , Anda harus terlebih dahulu bersedia untuk gagal - dan Anda harus memiliki keberanian untuk tetap pergi untuk itu .

2 . Membuat keberuntungan Anda sendiri .

Keberuntungan memainkan bagian dalam sukses, tapi semakin keras Anda bekerja , semakin mujur yang Anda dapatkan.
Apa pun yang Anda pilih  untuk melakukannya , bahkan jika itu bukan pekerjaan impian Anda , selalu bekerja keras untuk hal itu . Jadilah orang pertama di tempat kerja di pagi hari dan orang terakhir yang meninggalkan di malam hari . Kerja keras menciptakan peluang di mana resume Anda tidak bisa.

3 . Jadilah gigih.

Kegigihan benar-benar membayar.
Ketika memulai perusahaan saya , saya akan pergi ke pusat kota dan membeli secangkir kopi . Lalu aku akan mengambil kopi hingga Merrill Lynch - audiens target kami - dan berjalan di lorong.
“ Hai,” Saya akan mengatakan . " Saya Mike Bloomberg dan aku membawa Anda secangkir kopi . Dapatkah saya berbicara dengan Anda ? "
Bahkan jika orang bertanya-tanya siapa aku atau dari mana Aku datang , mereka masih mengambil kopi .

Dan aku terus datang kembali , hari demi hari , bekerja untuk membangun hubungan dengan pelanggan potensial . Saya belajar tentang audiens untuk produk kami dan apa yang mereka benar-benar bisa digunakan.

Tiga tahun setelah mulai Bloomberg LP , Merrill Lynch membeli 20 terminal dan menjadi pelanggan pertama kami.

4 . Jangan pernah berhenti belajar .

Kata yang paling kuat dalam bahasa Inggris adalah "Why . " Tidak ada yang begitu kuat  saat terbuka , bertanya dalam pikiran . Bidang apa pun yang Anda pilih untuk memulai bisnis - jadilah mahasiswa seumur hidup .

Dunia ini penuh dengan orang-orang yang telah berhenti belajar dan yang berpikir mereka  tahu semuanya. Anda sudah tidak diragukan lagi sudah bertemu dengan beberapa dari mereka - dan Anda akan bertemu banyak lagi.

Kata favorit mereka adalah "Tidak ". Mereka akan memberikan sejuta alasan mengapa sesuatu tidak dapat dilakukan atau tidak harus dilakukan .
Jangan mendengarkan mereka , jangan terhalang oleh mereka , dan jangan menjadi salah satu dari mereka . Jangan jika Anda ingin memenuhi potensi Anda - dan jika Anda  ingin mengubah dunia menjadi lebih baik .

5 . Berikan kembali.

Anda bertanggung jawab untuk keberhasilan dan kegagalan , tetapi Anda hanya berhasil jika Anda berbagi hadiah dengan orang lain .
Pada hari terakhir, tanyakan pada diri sendiri : " Apakah saya membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain ? "

Sumbangan amal pertama saya adalah cek US$ 5  untuk almamater saya , Johns Hopkins , tidak lama setelah saya lulus . Aku hanya scraping dengan saat itu, tapi aku terus memberikan. Dan sementara cek yang mungkin lebih besar hari ini, mereka datang dengan semangat yang sama.  Anda tidak perlu menjadi kaya untuk memberikan kembali. Anda dapat memberikan kembali dengan terlibat dan memberikan waktu dan bakat . Anda hanya harus berkomitmen untuk membuka pintu bagi orang lain.

BACA JUGA:

-- Lima Tips Seorang Entrepreneur Versi Peter Jones

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper