Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Jasa Pemasangan CCTV dengan Pola Kemitraan

Permintaan pemasangan CCTV yang semakin meningkat membuat penyedia jasa pemasangan CCTV kebanjiran order
Kamera CCTV/pocmanagement.co.uk
Kamera CCTV/pocmanagement.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Permintaan pemasangan CCTV yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir membuat para penyedia jasa merasa kewalahan. Beberapa cara kemudian dilakukan untuk tetap mengakomodasi klien, salah satunya dengan membuka kerja sama dengan sistem kemitraan.

Mitra Global Security merupakan perusahaan penyedia jasa pemasangan CCTV yang menawarkan kemitraan dengan nilai investasi mulai dari Rp25 juta. Mitra yang telah bergabung akan mendapatkan beberapa fasilitas, di antaranya pelatihan khusus pengenalan dan instalasi produk, contoh produk CCTV dan materi ptomosi.

“Mitra juga akan mendapatkan dukungan berupa penyelesaian masalah, media promosi dan pemutakhiran teknologi yang digunakan. Kalau di tengah jalan merasa ada kendala, kami pasti akan membantu mencari solusi,” papar Tedy Tan, Manager Marketing Mitra Global Security.

Model kemitraan yang ditawarkan juga relatif fleksibel. Mitra Global Security membebaskan mitra untuk memilih sistem bisnisnya. Apakah hanya akan menjadi penjual produk, atau menyedikan jasa pemasangan sesuai dengan profil masyarakat yang ada.

Perusahaan yang berlokasi di Lampung tersebut juga memberikan jaminan uang investasi akan kembali 100% jika mitra tidak memiliki perkembangan apa pun dalam pelaksanaan bisnisnya. Misalnya, mitra tidak mampu menjual barang satu pun dalam beberapa bulan.

Sementara itu, jika mitra mampu memasarkan jasanya kepada klien secara aktif maka nilai investasi tersebut akan balik modal kurang dari satu tahun. Bahkan hanya dalam hitungan beberapa bulan jika mitra agresif mencari klien.

“Semuanya kami support, jadi sangat kecil kemungkinannya jika mitra akan gagal menjalankan bisnis ini,” paparnya.

Hal itu juga didukung dengan iklim persaingan jasa pemasangan CCTV yang masih sangat kecil di kawasan Lampung dan Sumatra. Padahal konsumennya cenderung tiap meningkat tiap tahunnya, seiring dengan semakin murahnya peralatan CCTV dan meningkatnya kesadaran masyarakat terkait keamanan.

Hingga saat ini, ada lima mitra yang telah bergabung dengan Mitra Global Security. Semuanya tersebar di kawasan selatan Sumatra, yakni Lampung dan Palembang. Jumlah tersebut ditargetkan bisa berlipat ganda dengan mencari calon mitra di pulau lain yang belum tersentuh.

Tedy menambahkan, mitra juga bisa memasarkan jasa pemasangan peralatan keamanan lainnya, seperti smart alarm, access control, absensi sidik jari hingga GPS tracker. Semua produk tersebut juga disuplai oleh perusahaan pusat.

Di sisi lain, Mitra Global Security juga membuka peluang usaha dengan modelreseller. Syarat utamanya, calon reseller pertama kali harus membeli produk senilai Rp5 juta. Setelah itu, reseller bebas membeli produk tanpa nilai minimal dengan harga khusus.

Dia juga menyinggung beberapa keuntungan yang dapat didapatkan para reseller jika mengambil produk dari Mitra Global Security, yakni harga produknya lebih murah dibandingkan yang lain, karena sebagian besar produknya diimpor sendiri dan telah menjadi master dealer resmi untuk berbagai produk.

“Selisih harga yang kami berikan dan harga jual reseller menjadi keuntungan lumayan, apalagi reseller bisa memesan produk dalam jumlah banyak,” katanya.

Tedy yakin bisnis pada sektor CCTV ini masih memberikan peluang bisnis dan prospek yang masih cerah ke depannya, karena masyarakat semakin membutuhkan peralatan yang dapat menunjang keamanan tempat tinggalnya.

“Supaya bisa mendapat pasar lebih besar, kami fokus untuk mengembangkan bisnis di luar Jawa, karena di Jawa oersaingannya sudah sangat ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper