Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURVEI PERBANKAN: Hingga Akhir Tahun, Kredit Terus Melambat

Responden survei perbankan yang dirilis oleh Bank Indonesia, memperkirakan pada kuartal IV/2014 perlambatan pertumbuhan kredit baru masih akan berlanjut.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Responden survei perbankan yang dirilis oleh Bank Indonesia, memperkirakan pada kuartal IV/2014 perlambatan pertumbuhan kredit baru masih akan berlanjut.

Hasil Survei Perbankan kuartal III/2014 menyebutkan suku bunga dana diperkirakan mengalami kenaikan dan mendorong terjadinya kenaikan suku bunga kredit pada triwulan IV 2014.

"Faktor utama penyebab perlambatan ini adalah rendahnya permintaan pembiayaan dari nasabah, kenaikan suku bunga, dan meningkatnya risiko pemberian kredit," ungkapnya, Selasa (14/10/2014).

Responden survei mengindikasikan pertumbuhan kredit baru pada kuartal III/2014 mengalami perlambatan. Adapun responden dari survei ini adalah 42 bank umum yang berkantor pusat du Jakarta, dengan pangsa  kredit sekitar 80% dari nilai total kredit bank umum nasional.

Selain itu, responden memperkirakan bahwa rata-rata suku bunga kredit modal kerja, kredit investasi, dan kredit konsumsi pada kuartal IV/2014 akan mengalami kenaikan masing-masing sebesar 14 bps, 15 bps, dan 17 bps.

Responden survei mengkoreksi proyeksi pertumbuhan kredit 2014 dari 18,2% (yoy) menjadi 14,4% (yoy). Angka proyeksi tersebut lebih rendah dibandingkan realisasi pertumbuhan kredit 2013 sebesar 21,8% dan juga lebih rendah dari batas bawah target pertumbuhan kredit 2014 oleh Bank Indonesia yang sebesar 15%-17%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper