Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kantor BI Kini Hadir di Sulbar & Kaltara

Bank Indonesia memprioritaskan pembukaan dua kantor perwakilan di provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara tahun depan.

Bisnis.com, PADANGBank Indonesia memprioritaskan pembukaan dua kantor perwakilan di provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara tahun depan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas menyebutkan jika dua provinsi tersebut sudah dibuka kantor perwakilan, maka bank sentral dalam negeri ini boleh dibilang sudah menjangkau seluruh Indonesia.

"Bank Indonesia harus jadi bank sentral yang terbaik di regional," katanya di Padang, Jumat (19/12/2014).

Menurutnya, keberadaan kantor perwakilan di tiap daerah merupakan representasi dan upaya bank sentral untuk mengoptimalkan peran makroprudensial. Sehingga upaya pemerintah mengejar target inflasi terpenuhi.Ronald menyebutkan di seluruh Indonseia hanya tersisa provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara yang belum memiliki kantor perwakilan BI.

Peran BI untuk dua daerah itu masih dikendalikan melalui provinsi induk, seperti Sulbar lewat BI Sulawesi Selatan, dan untuk Kalimantan Utara melalui BI Kalimantan Timur. Namun, tahun depan, BI akan memprioritaskan dua provinsi itu. "Sudah dibuka kantor perwakilan Bank Indonesia," katanya.

Tahun ini, BI membuka dua kantor perwakilan di provinsi Bangka Belitung dan Papua Barat. Kehadiran kantor perwakilan itu diharapkan meningkatkan proteksi dan kebijakan ekonomi moneter hingga pelosok daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper