Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Pasokan Bahan Baku, Indonesia Eximbank dan Nagabhuana Bagikan 1 Juta Bibit Sengon 2016

Indonesia Eximbank bersama PT Nagabhuana Aneka Piranti akan membagikan 1 juta bibit sengon kepada masyarakat di Wonogiri.

Bisnis.com, WONOGIRI - Indonesia Eximbank bersama PT Nagabhuana Aneka Piranti akan membagikan 1 juta bibit sengon kepada masyarakat di Wonogiri.

Nagabhuana merupakan perusahaan yang bergerak di industri funiture, barecore dan plywood atau wood working dengan bahan baku sengon dan berdiri sejak 2013.

Direktur Nagabhuana Aneka Piranti Gunawan Wijaya mengatakan pasokan bahan baku kayu sengon ini berasal dari masyarakat sekitar pabrik yang berada dalam Gabungan Kelompok Tani.

Adapun pada tahun ini, Nagabhuana membagikan 150.000 bibit pohon ke masyarakat di Wonogiri.

"Lahan-lahan krisis semakin bisa diselamatkan melalui program sengonisasi dan penduduk berharap menuai hasilnya 4 hingga 5 tahun ke depan sejak penanaman bibit sengon. Tahun ini kami berikan bibit kepada anggota Gapoktan 135.000 hingga 150.000," ujarnya, Kamis (12/11/2015).

Saat ini dia mengatakan ada 3 Gapoktan yang memasok bahan baku ke  perusahaan dimana masing-masing Gapoktan terdiri dari sekitar 700 kepala keluarga.

Lebih lanjut dia menjelaskan setiap bulannya perusahaan mampu mengekspor 300 kontainer dengan nilai US$20.000 per kontainer.

"Ketika perusahaan ini berdiri kami langsung ekspor, 90% ke China dan sisanya ke Jepang dan Taiwan," tambahnya.

Pada kesempatan yang saham Indonesia Eximbank juga memberikan pinjaman sebesar Rp198 miliar kepada perusahaan furnitur yang bergerak di bidang ekspor dengan tenor 1 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper