Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal I/2017, Laba BUMN Capai Rp39 Triliun

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatatkan total raihan laba bersih senilai Rp39 triliun pada kuartal I/2017 atau tumbuh 20,1% secara tahunan
Kementerian BUMN
Kementerian BUMN

Bisnis.com, BOGOR—Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatatkan total raihan laba bersih senilai Rp39 triliun pada kuartal I/2017 atau tumbuh 20,1% secara tahunan.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengungkapkan penyumbang laba paling berasal dari sektor jasa keuangan, tambang, transportasi dan pergudangan. Sementara itu, raihan laba itu didongkrak dengan peningkatan pendapatan perusahaan plat merah.

"Pendapatan kuartal I/2017 Kementerian BUMN mencapai Rp431 triliun atau tumbuh 17,4 year on year," ungkapnya di Wikasatrian, Desa Pasir Angin, Bogor,  Jumat (28/4/2017).

Hingga kuartal I/2017, tidak semua perusahaan plat merah mencatatkan kinerja yang gemilang atau untung. Dari 118 perusahaan BUMN, terdapat 26 perusahaan yang membukukan kerugian pada kuartal pertama tahun ini. Imam enggan memerinci nama dan penyebab kerugian dari 26 perusahaan.

Kementerian BUMN memasang target pendapatan, laba dan aset hingga akhir tahun masing-masing mencapai Rp2.116 triliun, Rp197 triliun dan Rp7.035 triliun.

Dia mengungkapkan BUMN akan terus mengambl bagian dalam pembangunan guna mendukung realisasi program-program pemerintah yang meliputi proyek infrastruktur, maritim, energi serta proyek lainnya.

Selain itu, untuk menekan kerugian pada awal tahun, katanya, BUMN akan berujung pada efisiensi yang juga sekaligus bertujuan untuk menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). Imam mengungkapkan, pihaknya juga akan gencar berkontribusi terhadap perekonomian melalui setoran dividen dan pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper