Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perencanaan Keuangan: Cari Dana Buat Lebaran? Ini Solusinya

Memasuki bulan suci Ramadan, semua persiapan perlu dilakukan, termasuk juga mempersiapkan dana lebih untuk rencana pulang ke kampung halaman/mudik, membeli seperangkat busana baru untuk menyambut Idulfitri dan kebutuhan primer lainnya.
Ivan Hartoyo Sunandar/Bisnis-dok.pribadi
Ivan Hartoyo Sunandar/Bisnis-dok.pribadi

Bisnis.com, JAKARTA — Memasuki bulan suci Ramadan, semua persiapan perlu dilakukan, termasuk juga mempersiapkan dana lebih untuk rencana pulang ke kampung halaman/mudik, membeli seperangkat busana baru untuk menyambut Idulfitri dan kebutuhan primer lainnya. Nah, sudah siapkah Anda untuk hal-hal materil tersebut?

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan pendanaan darurat, mungkin Anda dapat melirik pinjaman dana tunai seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA).

KTA merupakan sistem kredit atau pinjaman yang bisa diambil seseorang tanpa menggunakan jaminan atau agunan. Biasanya, KTA digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha, namun tidak jarang juga KTA ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan seperti kebutuhan jelang Idul Fitri.

Jumlah pinjaman yang besar bisa diberikan untuk kemudian dibayar dengan cicilan yang kecil dan ringan dengan beragam pilihan tenor pembayaran. Fakta tersebut merupakan salah satu solusi yang paling tepat dan pas bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu dekat atau darurat karena proses pengajuannya yang juga mudah dan praktis.

Untuk mendapakan KTA, nasabah hanya perlu memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh bank atau lembaga pendanaan yang menyediakan fasilitas keuangan tersebut.

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan antara lain seperti formulir asli aplikasi yang telah diisi dan dibubuhi tanda-tangan basah, fotokopi KTP, NPWP dan rekening tabungan, juga slip gaji Anda.

Persyaratan yang harus dipenuhi juga relatif mudah. Asalkan Anda adalah seorang WNI (Warga Negara Indonesia), berumur setidaknya sudah mencapai 21 tahun dan belum lebih dari 55 tahun, serta mempunyai penghasilan atau gaji minimal sesuai dengan ketentuan yang diterapkan oleh masing-masing Bank atau penyelenggara KTA lainnya, Anda bisa langsung mendaftar.

Ketika semua dokumen yang diminta sudah disiapkan dan dokumen-dokumen itu juga sudah diperiksa dan lolos dari persayaratan yang ada, calon nasabah bisa langsung mendapatkan KTA sebesar dana yang dikehendaki—tanpa harus menyertakan apa pun sebagai jaminan: salah satu keuntungan atau kelebihan utama menggunakan KTA.

Kelebihan KTA yang lain adalah kesempatan membayar cicilan dengan angsuran yang lebih kecil dan bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda sebagai nasabah, juga dengan jangka waktu yang telah disepakati bersama.

Adanya KTA pada waktu-waktu yang menuntut banyak kebutuhan seperti bulan Ramadan ini tentunya juga bisa menjadi suatu kelegaan tersendiri karena KTA bisa didapatkan dengan mudah dan cepat serta menjadi solusi atas kebutuhan dana darurat.

Untuk dapat melakukan perbandingan bunga dari KTA yang tidak memberatkan Anda, kini sudah dimanjakan dengan adanya marketplace penyedia layanan perbandingan berbasis online untuk menjadi kalkulator cicilan bagi Anda.

Sebut saja salah satu portal online seperticekpremi.com yang telah menyediakan perbandingan asuransi juga kini telah melebarkan ruang lingkupnya untuk pengajuan KTA, kartu kredit dan Kredit Multiguna.

Penulis

Ivan Hartoyo Sunandar

Sarjana Accounting Finance lulusan Melbourne, Australia. Pernah bekerja sebagai financial planner dengan spesialisasi asuransi dan dana pensiun di salah satu bank di Melbourne selama 5 tahun. Meraih penghargaan sebagai top sales pada 2012

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper