Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sucofindo Gandeng Geo Dipa Energi Terapkan Teknologi Terkini

PT Sucofindo (Persero) dan PT Geo Dipa Energi (Persero) sepakat menjalin kerjasama melalui penggunaan teknologi terkini (advance non destructive test) dalam rangka mempertahankan kehandalan fasilitas dari sumur (well), jaringan pipa panas bumi hingga pembangkit listrik yang ada.

Bisnis.com, JAKARTA--- PT Sucofindo (Persero) dan PT Geo Dipa Energi (Persero) sepakat menjalin kerjasama melalui penggunaan teknologi terkini (advance non destructive test) dalam rangka mempertahankan kehandalan fasilitas dari sumur (well), jaringan pipa panas bumi hingga pembangkit listrik yang ada.

Acara Penandatanganan nota kesepahaman dihadiri oleh Direktur Komersial I SUCOFINDO Heru Riza Chakim, dan Direktur Utama PT Geo Dipa Energi, Ricky Firmandha Ibrahim (4/8) di Kantor Pusat PT Geo Dipa Energi Jakarta.

Direktur Komersial I Sucofindo Heru Riza Chakim mengatakan sebagai BUMN jasa pemastian, perseroan siap membantu Geo Dipa Energi dari hulu ke hilir terutama dalam pengembangan sektor gas alam.

“Kami siap mendukung Geo Dipa mulai dari tahap ekplorasi, hingga ke pembangkit,” katanya dalam keterangan tertulis seperti dikutip pada Sabtu (5/8/2017)

Sucofindo akan memberikan data terkini atas kondisi jaringan pipa panas bumi dan seluruh peralatan top surface fasilitasnya sehingga dengan waktu yang singkat dan hasil yang lebih presisi, Geo Dipa Energi mampu meminimalkan terjadinya unplan shutdown dan dapat meningkatkan produktifitas listriknya.

Sesuai dengan standar Quality Manajemen Sistem (QMS), Sucofindo melakukan pemeriksaan secara berkala, melakukan pemeliharaan dan kemungkinan penggantian bagian-bagian (part) tertentu pada jaringan pipa gas dan peralatan yang lain.

Selain itu Heru juga menjelaskan bahwa kini Sucofindo memiliki peralatan NDT dengan teknologi terkini yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Sucofindo dengan Chugai Technos Jepang telah bekerjasama untuk mengoptimalkan teknologi NDT Advance “Scale Checker” yang dapat membaca profil jaringan pipa terhadap tebalnya endapan yang ada di dalamnya.

Menurut Heru, teknologi ini juga mampu menganalisa jenis cacat, mengidentifikasi korosi dan erosi, mendeteksi retak, pitting, wall loss pada material ferro. Dibandingkan teknologi sebelumnya, NDT Advance ini lebih efisien, dan presisi. Heru juga melanjutkan bahwa tekonologi ini kini telah ada di tiga cabang utama Sucofindo yaitu Jakarta (Tanjung Priok), Balikpapan, dan Cilacap.

Direktur Utama Geo Dipa Energi Ricky Firmandha mengatakan kerjasama antara perusahaan dengan Sucofindo untuk jasa inspeksi tersebut bukanlah yang pertama kali. Sementara itu, untuk inspeksi dengan peralatan scale checker ini sudah dilakukan pada instalasi pipa di Dieng.

Sucofindo juga mengaku terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam rangka menjamin ketersediaan sumber energi melalui jasa-jasa di bidang analisa laboratorium geothermal, geoscience, geochemis, geophisic dan konsultansi lainnya, serta pengelolaan aset-aset industri energi terbarukan.

Pada saat ini Sucofindo tengah mengedepankan keberlangsungan lingkungan hidup dan memastikan kegiatan eksplorasi dilakukan dengan memperhatikan aspek lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper