Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Modalku dan TaniHub Garap Sektor Pertanian

PT Mitrausaha Indonesia Grup dengan brand Modalku bermitra dengan TaniHub menyalurkan solusi cash flow guna mendukung sektor pertanian.nn
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com,JAKARTA — PT Mitrausaha Indonesia Grup dengan brand Modalku bermitra dengan TaniHub menyalurkan solusi cash flow guna mendukung sektor pertanian.

Modalku telah menyalurkan sekitar Rp 250 miliar ke 450 pinjaman UMKM di Indonesia. Melalui platform agriculture marketplace TaniHub, petani dapat dihubungkan secara langsung dengan pembeli dan pelaku usaha, baik yang domestik maupun yang internasional.

Keberadaan TaniHub bertujuan mempersingkat rantai distribusi produk pertanian, perikanan dan peternak sehingga dapat memperkecil disparitas harga antara petani/nelayan/peternak dengan pembeli.

Iwan Kurniawan, Co-Founder dan COO Modalku mengatakan Indonesia dikenal kuat pada bidang pertanian. Merujuk pada data Kementerian Pertanian Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia kontribusi sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan pada 2016 sebesar 13,45%.

Dia mengatakan solusi melalui aplikasi digital akan lebih menguntungkan petani. Pasalnya, kata Iwan, mereka tidak perlu bergantung pada tengkulak untuk memasarkan produk mereka.

“Secara makro, pemberdayaan petani Indonesia juga akan menguatkan ekonomi nasional. Sektor pertanian yang semakin kuat akan mendukung ekonomi negara,” kata Iwan melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis(16/8/2017).

Sementra itu, Ivan Arie Sustiawan sebagai CEO dan Co-Founder TaniHub mengtakan dengan bekerjasama dengan Modalku, dapat membantu dalam mengembangkan agribisnis digital baik pasar domestik maupun ekspor. Oleh karena itu, dia mengatakan sinergi tersebut diharapkan akan terus berlanjut untuk memajukan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Pamitra Wineka, Chairman dan Co-Founder TaniHub juga mengatakan pihaknya menyambut baik kolaborasi dengan Modalku. Teknologi dan kecepatan pemrosesan dari Modalku menjadi faktor penting dalam membantu transaksi keuangan para petani mitra TaniHub, terutama untuk petani-petani yang berada di daerah terpencil.

Seiring dengan kemitraan tersebut, Modalku meluncurkan juga produk supply chain financing (SCF). Produk tersebut dimaksudkan sebagai solusi arus kas yang membantu UMKM membayar tagihan supplier agar lebih fokus mengatur operasi usaha.

Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK Hendrikus Passagi mengatakan, kerja sama Modalku dan TaniHub sudah sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusi (SNKI) yang memfokuskan pada kelompok petani, nelayan, pengrajin, dan UMKM.

“Kerja sama tersebut dapat melengkapi ekosistem ekonomi digital Indonesia yang berpotensi menjadi model pendanaan inklusif di tingkat global,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper