Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Danamas Yakini Potensi Pembiayaan Reseller Pulsa Signifikan

Danamas, platform layanan keuangan pinjam meminjam langsung atau peer-to-peer lending berbasis teknologi informasi (tekfin) dari PT Pasar Dana Pinjaman, optimistis potensi pembiayaan bagi pedagang atau reseller pulsa masih besar.
Financial Technology (Fintech)/channelasia
Financial Technology (Fintech)/channelasia

Bisnis.com, JAKARTA—Danamas, platform layanan keuangan pinjam meminjam langsung atau peer-to-peer lending berbasis teknologi informasi (tekfin) dari PT Pasar Dana Pinjaman, optimistis potensi pembiayaan bagi pedagang atau reseller pulsa masih besar.

Direktur Utama Danamas Dani Lihardja mengatakan sejak beroperasi pada Mei 2016 hingga saat ini pihaknya hanya berfokus untuk mempertemukan investor atau pemilik dana dengan calon peminjam yang merupakan pedagang pulsa atau reseller pulsa.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 1,8 juta pedagang pulsa di Indonesia. Namun, baru sekitar 4.000 reseller yang memanfaatkan sumber pendanaan dari pemodal melalui unit usaha di bidang tekfin dari Grup Sinar Mas ini.

“Padahal transaksi pulsa secara tahunan itu mencapai Rp130 triliun. Potensinya masih besar,” ungkapnya saat berkunjung ke redaksi Bisnis, Rabu (16/8/2017).

Oleh karena itu, Dani mengatakan ke depan pihaknya masih ingin mengembangkan ekosistem pembiayaan dengan fokus kepada pedagang pulsa.

Berbeda dengan kebanyakan layanan tekfin, Dani mengatakan Danamas tidak menyalurkan dana tunai dari investor kepada para peminjam atau borrower, melainkan dalam bentuk pulsa.

Namun, sambung dia, pihaknya juga berencana menjajaki pengembangan ekosistem pembiayaan lainnya.

“Misalnya pembiayaan kepada peternak ayam dan juga pertanian,” ungkapnya.

Adapun, Danamas hingga saat ini telah menyalurkan Rp243,12 miliar atau mencapai 38.510 transaksi kepada para borrower. Sekitar 34.787 transaksi telah dilunasi oleh borrower dengan nominal mencapai Rp231,53 miliar.

Sementara itu, tercatat sekitar 8.888 pemodal telah turut serta mendanai pinjaman tersebut melalui Danamas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper