Angkat Gengsi Lewat Prestasi

JAKARTA Bidang sumber daya manusia (SDM) memiliki peran vital dalam meningkatkan kinerja perusahaan, termasuk di sektor perbankan. Karena itu, pengembangan SDM menjadi kunci agar talenta-talenta unggul perusahaan dapat mengaktualisasikan dirinya untuk meraih ekspektasi bisnis perusahaan.
 Joni Raini, Head of HR Rewards, Performance and Services PT Bank CIMB Niaga Tbk
Joni Raini, Head of HR Rewards, Performance and Services PT Bank CIMB Niaga Tbk

JAKARTA – Bidang sumber daya manusia (SDM) memiliki peran vital dalam meningkatkan kinerja perusahaan, termasuk di sektor perbankan. Karena itu, pengembangan SDM menjadi kunci agar talenta-talenta unggul perusahaan dapat mengaktualisasikan dirinya untuk meraih ekspektasi bisnis perusahaan.

Hal itulah yang ditunjukkan oleh Joni Raini, Head of HR Rewards, Performance and Services PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) lewat prestasi sehari-hari. 

Awal Juni lalu, pria 37 tahun itu meraih The Young Promising Banker Award 2017 dari The Asian Banker di Singapura.

"Saya sempat kaget karena posisi saya di Human Resources (HR) bukan di lini bisnis. Di tahun-tahun sebelumnya sama sekali tidak ada orang HR yang menang," katanya ketika berbincang santai, di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Jumat (29/9).

Dari sisi perusahaan, award tersebut juga merupakan wujud penerapan budaya kerja tiga perilaku utama dan sebagai value dari brand promise Forward dimana perusahaan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik demi mendorong cita-cita dan impian karyawan, nasabah, dan stakeholder.

Dia merasa tidak akan berhasil mengukir prestasi dan meraih cita-cita sebagai bankir muda yang menjanjikan, bila perusahaan tidak memberikan dukungan penuh. 

Pasalnya, selain wawancara dan penilaian track record karir, salah  satu persyaratan utama dalam ajang award itu yakni adanya rekomendasi dari manajemen CIMB Niaga. 

Baginya pribadi, penghargaan itu adalah kehormatan karena menunjukkan posisi HR diakui sebagai mitra strategis dan berdiri sejajar dengan lini bisnis yang lain dalam memberikan kontribusi bagi kinerja dan sukses CIMB Niaga yang merupakan bank BUKU 4 (kategori bank tertinggi dari sisi modal inti/Tier-1) di Indonesia. 

Sejak berkarir sebagai bankir 14 tahun lalu, Joni tak mau memandang sepele tiap tanggung-jawab yang diberikan. Bahkan lulusan Peking University itu tak sungkan melakukan pekerjaan di luar job desk-nya sebagai staf di bidang training di masa awal karirnya. Alhasil, karirnya pun melejit cepat.

Saat pindah ke CIMB Niaga 6 tahun lalu, pria kelahiran Bagan Siapi-api, 26 Juni 1980 itu terus mengukir prestasi. Puncaknya adalah The Young Promising Banker Award 2017 dari The Asian Banker.

Sebagai HR, Joni tak sekadar mendorong karyawan lain berprestasi, ia sendiri bisa membuktikan mampu mengukir prestasi terbaik di bidangnya. Dengan kata lain, ia dapat menjadi contoh bagi karyawan CIMB Niaga untuk mengharumkan nama perusahaan di tingkat regional.

Empowerment

Dalam hidup dan bekerja, Joni berpegang pada filosofi "semua hal ada sisi positifnya". 

Prinsip itu dia terapkan pula dalam kesehariannya  di CIMB Niaga yang karyawannya berjumlah sekitar 13 ribu orang.

Dalam mencetak SDM unggul, dia memilih strategi empowerment atau pemberdayaan untuk mendorong setiap individu menjadi lebih mandiri dan memiliki ownership tinggi atas tugas dan tanggung-jawabnya.

"Prinsipnya kalau ke tim baru saya selalu mulai dari kertas bersih dan memberikan kesempatan. Jadi saya netralisir dulu persepsi atau hal yang saya dengarkan dari orang lain untuk kemudian saya klarifikasi dengan cara saya sendiri. Saya juga kasih contoh nyata dalam tindakan, tidak hanya omongan," tuturnya.

Komposisi sumber daya manusia CIMB Niaga saat ini untuk junior management adalah sekitar 60% yang berusia di bawah 35 tahun. Generasi milenial tersebut menjadi keunggulan bagi perseroan di era persaingan perbankan digital yang ketat. 

Selain kompetensi teknis, golongan muda tersebut juga haruslah dinamis, agile, kreatif dan mampu bekerja dalam tim serta berjiwa entrepreneur. Dalam 2 tahun terakhir, CIMB Niaga telah mengembangkan sekitar 1.500 talenta muda lewat program The Complete Banker (TCB) dan development program lainnya.

Di usianya yang masih di bawah 40 tahun, Joni masih punya mimpi lain yang ingin diraih yakni menjadi pengusaha. Ayah Darren Raini (8), Davin Raini (5), dan Dixon Raini (3) itu berharap dapat mewujudkannya bila telah pensiun kelak. 

"Sebenarnya tak ada salahnya juga jadi karyawan, itu pilihan. Mau jadi karyawan atau mau jadi entrepreneur pun harus bisa sukses dan berprestasi dengan memiliki rasa tanggung-jawab pada setiap profesi. Apapun tugas yang ada, lakukan sebaik mungkin dan set target yang tinggi,” kata pria penyuka berbagai judul film ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper