Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Government Shutdown di Amerika, Seperti Ini Dampaknya Untuk Indonesia

Bank Indonesia menegaskan dampak risiko government shutdown di AS terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia menegaskan dampak risiko government shutdown di AS terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia.

Disebutkan bahwa kondisi yang terjadi di Amerika Serikat itu dampaknya minim baik kepada perekonomian dunia maupun perekonomian Indonesia.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo menyebutkan struktur ekspor Indonesia yang semakin terdiversifikasi negara tujuan ekspornya telah memperkuat resiliensi ekspor terhadap goncangan eksternal.

"Government shutdown tidak berarti bahwa seluruh fungsi pemerintah AS akan berhenti, fungsi yang penting seperti keamanan nasional masih tetap berjalan," tegas Dody kepada Bisnis, Minggu (21/1/2018).

Selain itu, dia melihat tidak tertutup kemungkinan jika proses persetujuan anggaran berlarut maka akan menyebabkan semakin menurunnya fungsi pelayanan pemerintah federal.

Mengacu pada government shutdown AS yang terjadi sebelumnya, Dody mengungkapkan situasi ini cenderung bersifat temporer dengan dampak ke perekonomian maupun pasar keuangan diperkirakan kecil.

"Dampak dari government shutdown terhadap risiko penurunan growth AS pada triwulan I/ 2018 diperkirakan akan dikompensasi dengan growth AS pada triwulan berikutnya, apabila pada akhirnya tercapai kesepakatan anggaran," kata Dody.

Goldman Sachs memperkirakan dampak tersebut pada triwulan I/2018 hanya sebesar 0,06% (yoy) atau secara tahunan 2018 0,015% (yoy).

Di pasar keuangan, tambah Dody, aliran modal asing diperkirakan juga tidak akan terpengaruh. Pasalnya, prospek ekonomi Indonesia terus membaik dengan tingkat return yang masih kompetitif.

Namun, dia menuturkan BI akan tetap mewaspadai risiko eksternal yang dapat mempengaruhi kestabilan ekonomi makro.

"BI juga terus menyiapkan berbagai langkah antisipasi termasuk memperkuat koordinasi dengan pemerintah untuk meningkatkan resiliensi perekonomian Indonesia. BI juga akan senantiasa melakukan langkah stabilisasi nilai tukar jika diperlukan." kata Dody.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper