Produk Baru Apple, Macbook Hingga Speaker Pintar Siri

Agne Yasa
Senin, 5 Juni 2017 | 17:19 WIB
Apple/pixabay
Apple/pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir, Apple siap meluncurkan barisan produk hardware dalam konfrensi pengembang tahunan.

Dilansir dari Bloomberg (5/6/2017), Konferensi Pengembang Seluruh Dunia ini dimulai Senin waktu setempat di San Jose, California. Apple dikabarkan akan meluncurkan produk iPad dan Mac terbaru beserta versi terkini dari sistem operasi perangkat-perangkat tersebut. Ini akan menjadi pertama kalinya Apple menghadirkan perangkat keras baru di konferensi tersebut sejak 2013.

Chief Executive Officer Tim Cook dalam setahun terakhir mampu menunjukkan kekuatan bisnis Apple di sektor layanan, seperti App Store dan iClud. Namun, produk gadget baru yang diluncurkan Apple jarang booming. Pertumbuhan penjualan produk andalan mereka, khususnya, iPhone juga melambat. Kini, setelah punya barisan produk lengkap. Apple harus bisa meluncurkan perangkat keras yang bisa mendorong pengembang semangat mengembangkan aplikasi baru.

"Mereka ada di sana untuk memanjakan komunitas pengembang," kata Shannon Cross, seorang analis di Cross Research.

Apple juga dikabarkan akan memperkenalkan perangkat pengenal suara pintar untuk bersaing dengan Amazon dan Google. Para pengembang diberikan kesempatan melihat produk Apple lebih awal agar mereka punya waktu untuk mengembangkan aplikasi untuk perangkat tersebut sebelum peluncurkan ke konsumen.

"Mereka tidak dapat memberikan cukup informasi ke dalam komunitas pengembang tanpa menunjukkan perangkat keras mereka juga," kata Brian Blau, seorang analis di Gartner Inc.

Produk Amazon, Echo, saat ini dipasarkan di kisaran US$179. Adapun, Google Home dilepas pada harga US$129. Sebagian besar fungsi Echo adalah untuk menghubungkan pengguna dengan Amazon Prime dan mengendalikan rumah pintar. Google Home mampu mengakses mayoritas layanan Google, termasuk mengendalikan YouTube.

Berapa harga produk audio pintar dari Apple. Namun, produk tersebut adalah peluang besar bagi Apple untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis layanan yang tahun lalu memberikan mereka US$24 miliar atau 11% dari total pendapatan.

Selain itu, Apple dikabarkan akan memberikan perubahan signfikan pada layanan streaming Apple Music dalam pembaruan sistem operasi mereka. Apple rencananya akan meluncurkan 10 serial televisi buatan sendiri pada akhir tahun. Pembaruan layanan streaming Apple Music juga dikabarkan akan menonjolkan fitur video musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper