Trend Micro Gelar Kompetisi Keamanan Siber

Agne Yasa
Kamis, 15 Juni 2017 | 16:41 WIB
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Trend Micro Incorporated mengumumkan kesiapan digelarnya Trend Micro CTF 2017 - Raimund Genes Cup, kompetisi keamanan siber tahunan, bertajuk “Capture the Flag (CTF)” yang telah memasuki penyelenggaraan ketiga di tahun ini.

Trend Micro CTF menyasar profesional muda di kancah industri keamanan siber dan diharapkan dapat turut berkontribusi dalam memupuk kemampuan praktik mereka di area keamanan siber, serangan ditargetkan (targeted attacks), Internet of Things (IoT), serta Industrial Control Systems (ICS).

Eva Chen, Chief Executive Officer Trend Micro, mengatakan tujuan dari penyelenggaraan kompetisi ini adalah untuk mendukung, memperkuat skillset para profesional memasuki kancah industri agar mereka selalu siap dan siaga dengan perlindungan menghadapi ancaman-ancaman keamanan paling berbahaya masa kini.

“Guna mewujudkan misi kami menciptakan dunia digital yang kian aman untuk semua, kami merasa bertanggung jawab untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada seluruh insinyur keamanan di dunia dalam mengembangkan sekaligus memperdalam pengetahuan dan pemahaman mereka mengenai area-area terkait, secara lebih spesifik lagi," ujar Eva melalui keterangan tertulisnya kepada Bisnis, Kamis (15/6/2017).

Adapun kompetisi ini sendiri terdiri dari dua babak yaitu kualifikasi secara online dan babak final yang akan digelar di Tokyo, Jepang.

Babak kualifikasi online menggunakan format “Jeopardy,” yakni menantang peserta untuk memecahkan masalah-masalah terkait keamanan menurut masing-masing kategori, seperti SCADA, IoT dan targeted attacks.

Sepuluh tim terbaik dari babak kualifikasi online akan bertarung di babak final yang akan memakai format kompetisi gabungan dari format “attack and defense” dengan format “Jeopardy.” Pemenang di babak final akan menerima hadiah uang senilai JPY1.000.000 (sekitar US$8.700), poin untuk Zero Day Initiative Rewards Program, serta secara otomatis masuk kualifikasi untuk ajang HITCON CTF 2017 Final yang akan diselenggarakan di Taipei, Taiwan.

Trend Micro CTF 2017 - Raimund Genes Cup - Online Qualifier akan digelar 24-25 Juni 2017. Adapun syaratnya, partisipan harus berusia minimum 20 tahun, format Jeopardy, venue Online, registrasi tim peserta: 23 Mei-25 Juni 2017.

Trend Micro CTF 2017 - Raimund Genes Cup - The Final akan digelar 11-12 November 2017 (JST). Adapun syaratnya, sepuluh tim terbaik dari babak kompetisi online berhak untuk menerima dukungan biaya untuk mengikuti babak final. Masing-masing tim beranggotakan maksimum empat pemain. Selain itu, pemenang dari ajang Egypt National CTF akan turut berkompetisi. Formatnya kombinasi antara formatAttack and Defense dengan Jeopardy, venue di BELLESALLE Nishi Shinjuku, Tokyo, Jepang

Kompetisi ini memperebutkan hadiah untuk juara pertama, JPY1.000.000 (sekitar US$8.700) per tim. Tambahan poin sebesar 15.000 untuk Zero Day Initiative Rewards Program bagi masing-masing anggota tim pemenang (termasuk peluang untuk mendapatkan bonus sebesar US$2.000 untuk sekali waktu).

Kemudian, secara otomatis masuk ke dalam kualifikasi untuk ajang HITCON CTF 2017 Final yang akan diselenggarakan di Taipei, Taiwan.

Untuk juara kedua, mendapatkan JPY300.000 (sekitar US$2.600) per tim. Kemudian, juara ketiga mendapatkan JPY200.000 (sekitar US$1.700) per tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper