10 Tahun Rilis iPhone, Apple Tumbuh Merajai Dunia

Renat Sofie Andriani
Selasa, 12 September 2017 | 16:46 WIB
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman/Reuters
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jelang peluncuran iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X, Apple Inc. memiliki catatan menarik. Dalam satu dekade, perusahaan yang saat ini digawangi CEO Tim Cook tersebut berhasil menjadi perusahaan terbesar di dunia melalui produk-produk iPhone.

Sekitar sepuluh tahun lalu, perusahaan-perusahaan energi merajai separuh dari 10 perusahaan teratas di dunia. Bagaimana dengan Apple? Perusahaan teknologi ini hanya bertengger di peringkat yang jauh lebih rendah.

Dengan aset senilai lebih dari US$800 miliar, saat ini Apple adalah perusahaan paling berharga di dunia serta memuncaki daftar yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan teknologi, e-commerce, dan media sosial.

Dilansir Bloomberg, Selasa (12/9/2017), di bawah ini adalah tabel yang menunjukkan posisi perusahaan-perusahaan terbesar dalam hal kapitalisasi pasar pada awal era smartphone (tanggal 29 Juni 2007), saat iPhone dirilis, dan posisi mereka saat ini.

Di antara periode tersebut, dunia bisnis sempat mengalami krisis keuangan global. Tabel tersebut juga menggambarkan lonjakan yang dibukukan Alibaba Group Holding Ltd. dan Tencent Holdings Ltd. Hal ini mencerminkan langkah China menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

10 Tahun Rilis iPhone, Apple Tumbuh Merajai Dunia

Tabel kedua menggambarkan bagaimana performa 15 perusahaan terbesar pada bulan Juni 2007 telah mengalami penurunan dalam satu dekade terakhir. Exxon Mobil Corp. yang pernah menduduki peringkat teratas kemudian melorot ke peringkat 10, sedangkan perusahaan bahan bakar lainnya turun lebih jauh.

10 Tahun Rilis iPhone, Apple Tumbuh Merajai Dunia

Seperti dikabarkan sebelumnya, pada hari ini waktu setempat, Apple akan meluncurkan detail tiga model iPhone terbaru, yakni dua model upgrade iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang disebut iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, serta model premium yang disebut iPhone X.

Acara peluncuran akan mengambil tempat di Auditorium Steve Jobs Theater Apple Park. Langkah ini digadang-gadang akan mengantarkan babak baru bagi perusahaan teknologi top dunia tersebut sekaligus era baru untuk iPhone.

Spesifikasi iPhone X dan iPhone 8 Jelang Rilis Besok

Bertempat di kampus raksasanya, CEO Apple Inc. Tim Cook akan mengungkapkan detail tiga model iPhone terbaru, termasuk satu model premium, dalam acara peluncuran terbesar yang telah lama dinantikan. 

Untuk pertama kalinya, Cook akan tampil di auditorium Steve Jobs Theater Apple Park, kampus raksasa milik Apple yang dikenal memiliki desain futuristik, pada hari Selasa (12/9) waktu setempat. Pengambilan lokasi ini mencerminkan babak baru bagi perusahaan teknologi top dunia tersebut, sekaligus mengantarkan era baru untuk iPhone.

 

Perangkat-perangkat tersebut tidak hanya akan menarik bagi pelanggan, tapi juga bagi para investor. Penjualan iPhone diketahui berkontribusi sekitar dua pertiga atas penjualan Apple. Jadi jelas, acara peluncuran ini akan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi bottom line perusahaan.

Peluncuran ini bisa membawa performa kuartal yang kuat, termasuk lebih banyak penjualan untuk produk Apple lainnya. Bisa dibilang, dunia bisnis bergantung pada gadget ini. Tidak hanya berfungsi sebagai remote control untuk Apple TV dan speaker HomePod yang akan dirilis berikutnya, iPhone juga terkait dengan Apple Watch, yang sinkron dengan iPad dan Mac, serta merupakan tempat bernaungnya layanan seperti Siri, Maps, dan Apple Music.

Selain iPhone, Apple juga merencanakan versi Apple Watch yang terhubung ke jaringan nirkabel dan Apple TV yang telah diupgrade. Dalam preview pada bulan Juni, Apple juga menyiapkan update perangkat lunak penting untuk semua platformnya yakni iOS, watchOS, macOS, dan tvOS, sertakemungkinan akan menampilkan beberapa fitur dari yang akan ditunjukkan esok hari.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (11/9/2017), berikut adalah kejutan yang mungkin akan diungkapkan pada agenda terpenting Apple tersebut: 

iPhone:

Apple berencana untuk mengungkap
kan tiga model iPhone terbaru, termasuk dua model upgrade iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang disebut iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, serta model premium yang disebut iPhone X. Inilah yang diketahui tentang model premium tersebut:

Desain baru: Desainnya memiliki tampilan baru tanpa bezel di sekitar layar. Hampir seluruh bagian depan ponsel merupakan screen save sebagai cutout di bagian atas earpiece, kamera selfie, dan sensor. Bagian sisinya merupakan garis tipis terbuat dari stainless steel, sedangkan bagian belakangnya terbuat dari kaca, seperti halnya iPhone 4 yang diproduksi tahun 2010.

10 Tahun Rilis iPhone, Apple Tumbuh Merajai Dunia

Layar berdesain edge-to-edgeTanpa keberadaan bezel maupun batas di bagian atas dan bawahnya, fokus pada model ini akan ada di layar baruyaitu layar OLED yang lebih akurat mereproduksi warna dan membuat konten menjadi lebih tajam. Anda dapat melihat lebih banyak teks, video dan informasi situs web tanpa menggulir ke bawah karena layarnya akan lebih tinggi daripada layar iPhone 7 Plus. Ukuran layar diperkirakan akan sedikit lebih besar dari yang ada pada iPhone 7 Plus (5,5 inci), namun karena minus bezel, ukuran keseluruhan ponsel tersebut akan mendekati iPhone 7 yang berukuran lebih kecil. Layar ini juga akan menampilkan teknologi ‘True Tone, sensor yang memungkinkan layar untuk mengubah suhu berdasarkan lingkungan.

Minus tombol Home: Ada fitur tambahan pada iPhone, ada pula fitur yang hilang. Satu dekade setelah memulai debut tombol Home sebagai kontrol fisik utama pada perangkat iPhone, Apple memutuskan menghilangkan tombol ini untuk model premium. Sebagai gantinya, akan ada batang virtual tipis yang bisa digeser untuk menampilkan fitur seperti aplikasi multitasking dan cara tutup (close).

Minus Touch ID: Yang juga dihilangkan adalah pemindai sidik jari. Setelah pertama kali ditampilkan dalam iPhone 5s pada tahun 2013, fitur Touch ID dalam tombol Home memungkinkan pengguna iPhone membuka kunci perangkat mereka dalam hanya sepersekian detik. Fitur ini juga mengotentikasi transaksi Apple Pay serta download dari App Store. Berdasarkan laporan Bloomberg awal tahun ini, Apple sebenarnya berupaya menyertakan fitur inike layarnya, namun terbentur dengan masalah manufaktur.

3-D Face Unlock: Menggantikan fitur Touch ID, akan ada pemindai 3-D facial recognition untuk membuka kunci ponsel, disebut Face ID, yangdirancang untuk memindai karakteristik Anda dalam beberapa ratus milidetik dan dapat beroperasi bahkan jika perangkat ini diletakkan di atas meja. Sensor ini juga akan digunakan untuk mengotentikasi pembayaran dan meluncurkan aplikasi-aplikasi terkunci. Tak hanya itu, fitur ini dapat bekerja dalam kegelapan.

Pengisian induktifIni adalah fitur baru untuk iPhone, tapi telah banyak digunakan dalam industri smartphone selama beberapa tahun terakhirDengannya, Anda bisa meletakkan iPhone di tempat pengisian baterai alih-alih memasukkannya ke kabel pengisian daya.

Prosesor yang lebih cepat. Apple akan menunjukkan kecepatan chipnya kembali dengan chip baru untuk iPhone yang kemungkinan akan disebutA11. Komponen tersebut dikatakan berbasis pada proses manufaktur 10 nanometer, yang berarti akan lebih efisien sehingga baterai iPhone Anda akan bertahan lebih lama. 

Software baruSeperti biasa, produk iPhone akan disertai dengan software baru. Kali ini disebut iOS 11. Tambahan utama software ini termasuk Control Center yang didesain ulang, dukungan untuk aplikasi realitas tambahan, dukungan Apple Pay di iMessage, peta untuk tampilan dalam bandara dan mal, serta aplikasi khusus untuk mengelola file. Sensor 3-D juga akan memindai wajah Anda dan mengaplikasikan ekspresi wajah Anda ke emoji animasi baru di iMessage.

Model lainnya: Selain iPhone X, dua model lainnya diperkirakan akan serupa dengan model iPhone saat ini, namun dengan prosesor yang lebih cepat dan tampilan belakang yang mungkin terbuat dari kaca demi mendukung pengisian induktif.

10 Tahun Rilis iPhone, Apple Tumbuh Merajai Dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper