iPhone X Tersedia 3 November, Apple Kekurangan Pasokan Komponen?

Aprianto Cahyo Nugroho
Rabu, 13 September 2017 | 07:35 WIB
iPhone X/independent.co.uk
iPhone X/independent.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Raksasa teknologi Apple meluncurkan iPhone X pada Selasa (12/9) untuk memperingati 10 tahun usia smartphone ini, bersamaan dengan rilis iPhone 8 dan 8 Plus.

Menurut Chief Executive Officer Apple, Tim Cook, iPhone X ini disebut sebagai ‘lompatan terbesar sejak iPhone pertama kali diluncurkan’ 10 tahun lalu. iPhone X karena mengusung teknologi edge-to-edge display.

Peluncuran ini berisi beberapa kejutan, dan sebagian besar detail yang bocor sebelum rilis iPhone dan produk lainnya termasuk Apple Watch yang diperbarui yang terbukti sangat akurat.

Namun iPhone X yang dihargai US$999 (Rp 13 juta) ini belum akan tersedia segera. Apple menjadwalkan perangkat ini akan tersedia mulai 3 November mendatang, dan membuka pre-order mulai 27 Oktober.

Selain iPhone X, produk baru Apple lainnya seperti iPhone 8 dan 8 Plus, Apple Watch 3, dan Apple TV 4K akan tersedia  mulai 22 September.

Investor dan penggemar menyaksikan peluncuran iPhone edisi ulang tahun ke-10 ini sebagai kesempatan bagi Apple untuk menyegarkan jajaran smartphone yang telah tertinggal dalam persaingan fitur baru. Tahun lalu pendapatan perusahaan menurun saat banyak konsumen kecewa dengan iPhone 7 karena terlalu mirip dengan iPhone 6.

Selain itu, tanggal tersedianya iPhone X yang berjarak cukup lama mendorong pertanyaan tentang kemungkinan kendala pasokan komponen menjelang musim liburan, karena Apple biasanya mengirimkan produk baru mereka dalam waktu satu atau dua minggu setelah peluncuran.

"Saya senang dengan produk baru Apple, tapi akan lebih baik jika produk tersedia lebih awal, mungkin awal Oktober atau pertengahan Oktober," kata Kim Forrest, analis riset ekuitas senior Fort Pitt Capital Group, seperti dikutip Reuters.

Pada penutupan perdagangan Senin, saham Apple ditutup turun 0,4% ke level US$160,86 per saham. Saham sempat menguat 1% selama acara peluncuran sebelum akhirnya berbalik arah melemah.

Tim Ghriskey, kepala investasi Solaris Asset Management di New York, mengatakan bahwa dia tidak khawatir dengan tanggal pengiriman yang lebih lama dari perkiraan dan menyukai fitur telepon baru, namun juga menekankan pada kurangnya kejutan pada acara tersebut.

"Ini berita bagus, namun mereka tidak berbicara tentang evolusi Apple di luar iPhone dan mengenalkan kecerdasan buatan,” ungkapnya.

IPhone X memiliki fitur pengisian nirkabel, kamera inframerah dan hardware untuk pengenalan wajah, yang menggantikan sensor sidik jari untuk membuka kunci telepon. Selain itu, Tombol home pada iPhone X juga hilang, digantikan oleh fitur tap to wake.

Layar pada iPhone X ini seukuran iPhone 7 plus saat ini, namun dengan ukuran yang sedikit lebih kecil karena layar yang hampir menutupi seluruh bagian depan. Layar smartphone ini juga terlihat lebih kaya berkat teknologi OLED.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper