Seperti di Komik, Kini Apple Watch Bisa Dipakai Telepon

Aprianto Cahyo Nugroho
Rabu, 13 September 2017 | 17:39 WIB
Jeff Williams, Apple COO berbicara saat peluncuran Apple Watch di California AS pada 12 September 2017. (REUTERS/Stephen Lam)
Jeff Williams, Apple COO berbicara saat peluncuran Apple Watch di California AS pada 12 September 2017. (REUTERS/Stephen Lam)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lebih dari dua tahun setelah merilis Apple Watch, Apple Inc akhirnya memperbarui gawainya tersebut pada Selasa (12/9/2017).

Dengan pembaruan pada Apple Watch generasi 3 ini, Apple dapat meniru membuat teknologi pada komik strip tahun 1940an menjadi kenyataan.

Apple Watch Series 3 yang dirilis pada Selasa bersamaan dengan iPhone X ini dilengkapi dengan konektivitas LTE. Ini berarti pengguna akan dapat melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan teks dari jam tangan tanpa perlu melakukan pairing dengan iPhone miliknya.

Kemampuan untuk melakukan panggilan dengan jam tangan telah menangkap imajinasi penggemar teknologi setidaknya sejak ditampilkan dalam "Dick Tracy," komik tentang seorang detektif swasta yang pada tahun 1946 menggunakan telepon dari pergelangan tangannya.

"Ini adalah visi kami sejak awal," ungkap Chief Operating Officer Apple, Jeff Williams dalam acara peluncuran tersebut.

"Sekarang Anda bisa pergi hanya dengan arloji Anda dan masih terhubung (dengan telepon). Senang sekali tahu bahwa Anda bisa dihubungi jika dibutuhkan,” lanjutnya, seperti dikutip Reuters.

Teknologi ini sebenarnya bukanlah yang terbaru. Samsung Electronics Co Ltd terlebih dahulu menjual Samsung Galaxy Gear dengan konektivitas data sejak tahun 2014.

Namun, perangkat tersebut berukuran besar dan mengalami masalah pada baterai yang lemah karena koneksi data mengkonsumsi daya ekstra. Gawai tersebut juga membutuhkan nomor telepon yang terpisah.

Apple mengklaim bahwa Apple Watch Series 3 akan memiliki daya tahan baterai hingga 18 jam dan hanya lebih tebal beberapa milimeter dari seri sebelumnya. Watch 3 juga akan memiliki nomor telepon yang sama dengan iPhone pelanggan dengan beberapa pengaturan awal.

Apple mengatakan bahwa keempat operator utama di AS. akan menawarkan layanan tambahan untuk Appel Watch 3. AT&T Inc dan T-Mobile US Inc keduanya mengatakan akan mengenakan biaya tambahan sebesar US$10 per bulan.

Analis umumnya percaya bahwa konektivitas baru in dapat memicu penjualan. Dengan harga US$399, Apple Watch 3 hanya sedikit lebih mahal dari model sebelumnya yang dijual US$329 yang memiliki kemampuan GPS mandiri.

Dengan terpaut US$70, Apple Watch 3 juga dibekali kemampuan yang jauh lebih berguna, termasuk melakukan streaming musik dari Apple Music.

Salah satu faktor yang mungkin menahan konsumen untuk membeli adalah adalah biaya langganan bulanan, yang akan jauh melebihi harga Seri 3 dari seri sebelumnya seiring berjalannya waktu, kata Brian Blau, analis Apple di Gartner.

"Ya, Anda harus membayar untuk data ekstra itu, tapi sepertinya operator setidaknya melakukannya lebih mudah," kata Brian kepada Reuters.

Terkait biaya langganan ekstra tersebut, itu berarti konsumen di Indonesia mungkin harus menunggu sebelum dapat menikmati fitur telepon dari Apple Watch 3 ini, karena Apple baru mengungkapkan rencana kerja sama dengan operator di AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper