Prospek Bisnis 3 Perangkat TI Ini Masih Legit Tahun Depan

Thomas Mola
Rabu, 18 Oktober 2017 | 19:58 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan kian populernya interaksi di media sosial dan semakin meraksasasanya bisnis dagang elektronik alias e-commerce di dunia, pertumbuhan penjualan sejumlah perangkat teknologi informasi diprediksi masih bertumbuh pada tahun depan. 

Setidaknya, proyeksi ini dibeberkan oleh lembaga riset Gartner yang memprediksi pengiriman PC alias personal computer, tablet, dan ponsel pintar tumbuh 2% pada 2018 yakni mencapai 2,35 miliar unit. Angka pengiriman itu bakal menjadi yang tertinggi sejak 2015.

Ranjit Atwal, Direktur Riset Gartner, menyebutkan bahwa berdasarkan survei terakhir makin banyak orang bergantung pada PC dan tablet seperti halnya pada ponsel pintar.

"Sekitar 40% responden mengatakan mereka banyak menggunakan PC atau tablet untuk aktivitas keseharian seperti menulis, mengirim e-mail atau menonton film, sementara 34% menggunakan ponsel pintar ketika bepergian," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (18/10/2018).

Dia menambahkan, tantangan bagi PC ialah pengguna tidak sering menggati PC. Hal itu berbeda dengan ponsel pintar bahwa orang sangat sering mengganti ponsel pintar.

Gartner menyebutkan, pertumbuhan PC terutama didorong oleh pergantian sistem OS menuju Windows 10 pada beberapa negara. Pasar PC Rusia diperdiksi masih akan memberikan dampak positif bahwa pada 2017 telah tumbuh sekitar 5%. Pertumbuhan itu diyakini berlanjut dengan fokus pada PC desktop.

Di sisi lain, ponsel pintar juga diharapkan terus melanjutkan tren pertumbuhan pada 2018 dengan pengiriman mencapai 1,9 miliar unit. Ponsel besutan Apple, Iphone X, walaupun dibanderol dengna harga yang cukup tinggi, diprediksi tetap menjadi penggerak pasar khususnya di Amerika, China, dan Eropa Barat.

"Mengingat iPhone X baru tersedia pada akhir bulan November, kami memperkirakan siklus penggantian iPhone akan mengalir lebih kuat ke 2018," tambah Roberta Cozza, DirekturRriset Gartner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper