Dyah Gitarja Gantikan Gajah Mada Pimpin Indonesia di Civilization 6

Demis Rizky Gosta
Kamis, 19 Oktober 2017 | 12:46 WIB
Dyah Gitarja di video games Civilization 6
Dyah Gitarja di video games Civilization 6
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia kembali tampil dalam video games strategi Civilazation. Bila pada Civilization V peradaban Indonesia dipimpin oleh Gajah Mada, pada Civilization VI oleh Dyah Gitarja — nama kelahiran penguasa Majapahit yang bergelar Tribhuwana Wijayatunggadewi.

Firaxis mengumumkan penambahan Indonesia sebagai salah satu peradaban yang bisa dimainkan di video games Civilization 6 dalam edisi terbaru video games kreasi Sid Meier tersebut.

Ini bukan kali pertama Indonesia hadir dalam seri gim Civilization. Pada Civilization V, Firaxis telah menampilkan peradaban Indonesia dengan pemimpin Gajah Mada.

Pada Civilization VI, giliran perempuan yang terpilih mewakili peradaban Indonesia sebagai pemimpin. Dyah Gitarja, putri Raden Wijaya dan Gayatri, akan tampil sebagai penguasa.

Seperti pada seri gim sebelumya, Indonesia adalah peradaban yang ampuh dimainkan di arena permainan berbentuk kepuluan.

Indonesia memiliki unit spesial yang diberi nama Jong. Unit pengganti frigate ini bisa bergerak lebih cepat, lebih tangguh, dan diberikan tambahan kekuatan jika membentuk formasi.

Bangunan khas peradaban Indonesia di Civilization 6 diberi nama ‘Kampung’, rumah panggung yang bisa berdiri di area pantai. ‘Kampung’ memberikan bonus bagi unit perahu nelayan di sekitarnya.

Keunikan lain dari Indonesia adalah kelebihan yang diberi nama ‘Great Nusantara’. Bonus poin dihasilkan oleh bangunan situs suci, teater, kampus, dan zona industri yang didirikan di area pantai.

Dyah Gitarja juga memiliki kemampuan spesial. Bonus poin kepercayaan (faith) diberikan bagi kota yang berdiri di area pantai. Unit religius juga bisa bergerak dari daratan ke lautan atau sebaliknya tanpa mengurangi jatah pergerakan per giliran.

Tampaknya, kedigdayaan Indonesia di video games Civilization agak dipangkas. Pada gim sebelumnya, Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu faksi paling kuat.

Pada Civilization V, tiga kota pertama yang didirikan Indonesia di pulau yang berbeda dengan lokasi ibu kota memiliki bonus sumber daya mewah (luxury resources) unik. Unit spesial Indonesia saat itu adalah ‘Krisman’, unit perang bersenjatakan keris yang mendapatkan bonus upgrade kemampuan secara acak.

Bangunan khas Indonesia di Civilization V adalah Candi. Candi adalah pengganti bangunan taman (garden). Perbedaannya, taman hanya bisa berdiri di area dekat perairan seperti sungai atau danau. Candi, bisa dibangun di mana saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper