Chrome Lebih Agresif Blokir Gangguan Iklan

Dhiany Nadya Utami
Senin, 19 Februari 2018 | 06:25 WIB
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Para pengguna Chrome kini bisa menikmati penjelajahan web tanpa terganggu oleh iklan-iklan yang seringkali muncul.

Pasalnya, peramban milik Google ini telah memberlakukan penyaring iklan yang sesuai dengan kaidah Better Ads Standards.

Pada situs yang gagal memenuhi Better Ads Standards, Chrome akan memblokir iklan secara otomatis kemudian menunjukkan sebuah notifikasi untuk pengguna.

Dalam pesan notifikasi tersebut, pengguna diberi pilihan untuk menonaktifkan setelan tersebut dengan memilih opsi “izinkan iklan di situs ini”.

Sementara untuk pengguna dekstop, notifikasi di bilah alamat situs akan mirip dengan setelan pemblokir pop-up yang ada pada Chrome.

Menurut rilis yang diposting oleh Engineering Manager Chrome Chris Bentzel, pemblokiran yang dilakukan Chrome ini terjadi di tingkat jaringan.

Secara teknis, saat pengguna menavigasi ke halaman, filter iklan Chrome akan memeriksa apakah halaman tersebut masuk dalam daftar situs yang gagal memenuhi kaidah Better Ads Standards.

Jika ya, permintaan jaringan pada laman, seperti untuk JavaScript atau gambar, akan diperiksa menurut daftar pola URL yang terkait dengan iklan.

Selanjutnya, jika ditemukan kecocokan, Chrome akan memblokir permintaan tersebut dan mencegah iklan tampil di laman.

Kumpulan pola ini didasarkan pada aturan filter publik EasyList dan mencakup pola yang cocok dengan banyak penyedia iklan termasuk platform iklan Google sendiri, AdSense dan DoubleClick.

"Setelan ini ditujukan bukan semata-mata penyaring iklan yang tampil tapi meningkatkan pengalaman pengguna agar lebih baik," ujar Bentzel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper