Apple Siapkan iPad Murah

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 26 Maret 2018 | 11:48 WIB
iPad Pro 10,5 inci (kiri) dan 12,9 inci (kanan)/apple.com
iPad Pro 10,5 inci (kiri) dan 12,9 inci (kanan)/apple.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Apple Inc mempersiapkan peluncuran produk iPad dan peranti lunak untuk menarik konsumen pelajar dan guru dari Google dan Microsoft Corp.

Dikutip dari Bloomberg, Senin (26/3/2018), rencananya iPad murah bakal dirilis bulan ini sebagai bukti komitmen kembalinya Apple ke segmen pendidikan.  Peluncuran akan dilakukan di sebuah sekolah di Chicago, Amerika Serikat.

Segmen pendidikan sebenarnya menjadi salah satu ceruk pasar iPad di awal kemunculannya. Kendati demikian, perusahaan lebih fokus pada pasar yang lebih besar dan produk dengan margin lebih tinggi. Di sisi lain, Google dan Microsoft menekuni pasar segmen pendidikan melalui produk laptop dan tablet murah. Firma Frost&Sullivan pun mencatat teknologi sektor pendidikan mampu menghasilkan pendapatan sebesar US$17,7 miliar sepanjang 2017.

Adapun Apple, berkontribusi 17% penjualan produk bagi murid taman kanak-kanak hingga SMA di AS mengacu pada data Futuresource Consulting. Peranti yang menggunakan sistem operasi Google melalui Chromebook atau Android tablet menguasai 60% pasar dan Windows 22%.

Untuk tablet, permintaannya lemah seperti  yang tercatat pada catatan International Data Corporation (IDC) bahwa pasar menurun 7% pada 2017. Bertolak dari catatan tersebut, Apple mengubah strategi dengan menyediakan produk baru yang lebih murah. Apple juga akan memperkenalkan peranti lunak untuk pemberian tugas, penilaian juga tes.

Laptop MacBook akan menggantikan MacBook Air yang dibanderol US$1.000. Namun, digesernya MacBook Air dengan produk yang lebih murah ini kemungkinan belum terealisasi bulan ini. MacBook sendiri sebenarnya memang sudah populer di kalangan mahasiswa namun ternyata Apple justru fokus pada jenis MacBook yang lebih mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper