Tip dan Trik Menghemat Kuota Data

Gombang Nan Cengka
Jumat, 10 Agustus 2018 | 15:54 WIB
Aplikasi Penghemat Kuota Datally/Istimewa
Aplikasi Penghemat Kuota Datally/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Beragam aplikasi yang penggunaannya semakin intens dan berbagai konten yang ukurannya semakin lama semakin besar membuat data yang lalu lalang melelaui ponsel Anda semakin menggunung.

Dengan berbagai alasan, Anda mungkin ingin membatasi konsumsi data ketika menggunakan ponsel pintar. Anda mungkin menggunakan paket data yang terbatas dan ingin membatasi diri agar tidak terlalu boros.

Bahkan bila Anda berlangganan paket data dengan kuota besar atau tidak terbatas, ada saat-saatnya Anda mungkin menghemat konsumsi data. Anda mungkin berada di luar negeri dan harus menggunakan jaringan data yang tarifnya jauh lebih mahal atau Anda berada di tempat dengan koneksi lambat, sehingga mau tidak mau Anda tidak bisa boros.

Batasi Manual

Beberapa model ponsel menyediakan pengaturan untuk konsumsi data harian secara manual. Anda bisa menghitung sendiri berapa konsumsi data harian yang dianggap layak, dan atur agar ponsel secara otomatis mematikan koneksi ketika pagu ini dilewati.

Tip dan Trik Menghemat Kuota Data

Bila Anda masih memerlukannya Anda selalu bisa menaikkan batas tersebut.

Bila ponsel Anda tidak dilengkapi dengan fitur ini, di Android Anda bisa gunakan utilitas Datally dari Google. Utilitas ini bisa diunduh dari Google Play Store. Datally juga menyediakan cara untuk melacak dan menganalisis pemakaian data oleh tiap-tiap aplikasi.

Aplikasi Pemapat

Anda bisa menghemat lebih banyak konsumsi data dengan menggunakan aplikasi yang memampatkan data sebelum terkoneksi. Salah satunya adalah peramban seperti Opera Mini, yang bisa menekan konsumsi data ketika menjelajah web.

Tip dan Trik Menghemat Kuota Data

Google Chrome untuk Android juga memiliki fitur pemampatan, meskipun penghematannya dari pengalaman saya tidak sebesar Opera Mini.

Fitur daring

Banyak aplikasi yang harus terkoneksi internet agar dapat berfungsi sepenuhnya. Namun ada pula yang bisa tetap berfungsi meskipun koneksi internet tidak ada. Anda mungkin harus melakukan pengaturan sebelumnya untuk mencapai hal ini.

Sebagai contoh Google Maps masih bisa digunakan tanpa koneksi internet, dengan mengunduh peta luring. Spotify (bila berlangganan layanan premium) memungkinkan memutar lagu yang sudah diunduh terlebih dahulu, Google Translate bisa berfungsi luring bila sudah mengunduh data bahasa yang hendak diterjemahkan.

Setop Sinkronisasi

Periksa setelan sinkronisasi Anda. Beberapa aplikasi menyelaraskan data setiap saat. Anda mungkin ingin menghentikan sinkronisasi ini untuk aplikasi yang tidak terlalu penting. Apakah Anda benar-benar ingin memastikan aplikasi media sosial Anda selalu tersinkronisasi misalnya?

Tip dan Trik Menghemat Kuota Data

Ketika liburan Anda juga mungkin tidak perlu menyelaraskan data surat elektronik. Menghentikan penyelarasan data otomatis untuk surel ini lama-lama bisa menghemat kuota cukup banyak, terutama bila kotak surat Anda cukup sering dihujani surel.

Versi Ringan

Beberapa aplikasi Google dan juga pengembang lain seperti Facebook memiliki versi “lite” (ringan), yang lebih hemat  atau memiliki fitur untuk menghemat data. Sebagai contoh, YouTube Go mempermudah Anda untuk menghemat data video YouTube dan mengunduhnya terlebih dahulu sebelum diputar ulang, sedangkan Facebook menawarkan Facebook Lite, yang lebih ringkas dan tidak boros data.

Bila Anda menggunakan salah satu dari aplikasi ini dan ingin menekan biaya, Anda bisa beralih ke versi “lite”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper