Gandeng Komunitas Gamer, Lenovo Legion Laris Keras

Dhiany Nadya Utami
Selasa, 18 September 2018 | 20:05 WIB
Kanor Lenovo di Wuhan Hubei, China./Istimewa
Kanor Lenovo di Wuhan Hubei, China./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Lini gaming Lenovo mencatatkan pertumbuhan yang tinggi di pasar Indonesia. Kedekatan dengan basis komunitas gamer sebagai salah satu alat untuk memperkenalkan lini produk mereka secara luas.

Country General Manager Lenovo Indonesia Budi Janto mengatakan pasar gaming tumbuh pesat di antara kategori pasar laptop lainnya, yakni 25% dari tahun ke tahun. Pun, lini gaming Lenovo secara global mengalami pertumbuhan 90% pada tahun fiskal 2017-2018.

“Peningkatannya sangat pesat dibandingkan dengan pasar PC lain,” kata Budi saat peluncuran Lenovo Legion Y530, Selasa (18/9/2018).

Sementara itu, untuk pasar Indonesia, Budi menyebut pertumbuhan lini gaming Lenovo sangat cepat. Dia mengklaim pada tahun pertama submerek khusus produk gaming mereka, Legion, masuk ke Indonesia mengalami pertumbuhan hingga 500% (yoy).

Selain itu, mengacu pada data firma riset GfK pada tahun fiskal 2017—2018, Legion berhasil menduduki posisi 3 vendor PC gaming di Indonesia dengan mencaplok 16,2% dari total pangsa pasar.

Consumer Lead Lenovo Indonesia Helmy Sutanto mengatakan keberhasilan tersebut salah satunya disokong oleh basis ekosistem gaming yang mereka bangun. Dia menyebut Lenovo tak hanya sekadar membawa produk untuk dijual tetapi berupaya meningkatkan industri gim lokal termasuk eSports.

Dia menuturkan ada 3 cara yang Lenovo lakukan untuk memperkenalkan lini Legion mereka secara luas yakni menggelar kompetisi game atau eSports, rajin membuat beragam acara komunitas dan workshop, serta melakukan promosi paket-paket penjualan. Selain itu, Lenovo juga menggaet tim eSports seperti EVOS sebagai mitra untuk membangun ekosistem gim di Indonesia.

“Kami memang ingin menghidupkan industri gim Tanah Air di berbagai level, salah satunya dengan membuat kompetisi gim seperti yang saat ini sedang berjalan yaitu High School League 2018 yang diikuti pelajar Indonesia,” tambah Helmy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper