Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Melonjak Kuartal III/2013

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga Kuartal III/2013 mencapai 6,41 juta atau sekitar 75% dari target yang diperkirakan sebanyak 8,6 juta wisman

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga Kuartal III/2013 mencapai 6,41 juta atau sekitar 75% dari target yang diperkirakan sebanyak 8,6 juta wisman.

Angka tersebut meningkat 8,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya 5,9 juta kunjungan.

Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan pertumbuhan wisman terjadi pada sebagian besar pintu masuk utama.

Adapun presentase kenaikan tertinggi tercatat pada Bandara Internasional Lombok sebesar 109,5%, diikuti Bandara Adi Sucipto di DI Yogyakarta sebanyak 47,42%, serta pintu masuk melalui Makassar, Sulawesi Selatan dengan peningkatan jumlah kunjungan 33,61%.

Jika dilihat dari total kunjungan wisman, jelasnya, pintu masuk melalui Bandara Ngurah Rai, Bali tercatat masih mendominasi yakni mencapai 2,38 wisman, disusul turis mancanegara yang masuk melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebesar 1,66 juta wisman.

Sementara itu, jumlah kedatangan para turis mancanegara pada September tahun ini yang mencapai 770.900 atau naik 12,77% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya 683.600.

Dari total tersebut, di antaranya dilakukan oleh wisman asal Singapura 15,11%, Malaysia 13,86%, Australia 11,42 %, China 9,85%, dan Jepang 5,78%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper