Rabu, 19 Februari 2014, 18:28 WIB

Ini Cara Pemkot Medan Pantau Harga Komoditas

Febriany Dian Aritya Putri

Bisnis.com, MEDAN - Untuk menekan laju infasi di Medan, Pemerintah Kota Medan meluncurkan sistem pemantau harga atau Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) komoditas strategis di beberapa pasar.

Adapun, sebagai langkah awal, peluncurah PIHPS dilakukan di Pasar Petisah. Kelima pasar lainnya, yakni Aksara, Simpang Limun, Kampung Lalang, Pusat Pasar, Kampung Baru dan Palapa. Adapun, Pemko Medan menargetkan memasang sistem ini di 20 pasar tradisional.

Asisten Pemko Medan bidang ekonomi dan pembangunan Camarul Fattah menyebutkan, tingginya laju inflasi di Sumut pada akhir tahun lalu mencapai 10,18%, dipicu oleh inflasi Medan.

"Sub inflasi dari Medan menyumbang 92% terhadap inflasi Sumut. Jadi, pengendalian inflasi Medan akan berpengaruh signifikan," ujar Camarul, Rabu (19/2/2014).

Medan merupakan kota ketujuh yang memiliki sistem ini. Keenam pasar akan dilengkapi dengan videotron yang menampilkan harga kebutuhan pangan strategis.

Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin menyebutkan, PIHPS dapat menjadi saah satu langkah strategis untuk meningkatkan hubungan perdagangan antara produsen dengan pedagang, serta masyarakat Medan.

"Saat ini, belum ada sinergi yang kuat antar instansi dalam pengelolaan informasi harga. Informasi yang ada pun terbatas. PIHPS memungkinkan informasi ini diakses lebih luas," tutur Eldin.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut dan Aceh Hari Utomo mengatakan, ke depan, sistem ini akan terus dikembangkan, tidak hanya berbasis pesan singkat via onsel, tetapi menjadi aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel pintar.

Sebelumnya, Pemprovsu juga telah meluncurkan sistem serupa di beberapa pasar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, laju inflasi year on year (YoY) kelompok bahan pangan pada 2013 mencapai 13,18%. Adapun, kelompok transportasi dan komunikasi serta jasa keuangan mencatat laju inflasi YoY tertinggi yakni 19,06%.

Masyarakat serta pedagang dapat melihat secara langsung harga kebutuhan pokok di setiap pasar. Disperindag Medan juga melayani informasi kebutuhan pokok melalui SMS ke nomor 0877664953535 dan melalui situs www.hargapokok-medan.info.

Editor : Martin Sihombing

Bisnis.com available on:
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!

Berita Terkait »

Populer »

Pilihan Editor »