Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Upah TKI di Korsel Rata-rata Naik 6%

Upah minimum tenaga kerja Indonesia di Korea Selatan mengalami tren kenaikan rata-rata sebanyak 6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Upah minimum tenaga kerja Indonesia di Korea Selatan mengalami tren kenaikan rata-rata sebanyak 6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Menurut data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, tenaga kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan menerima upah minimum setara dengan Rp10,15 juta atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp9,57 juta. 

Direktur jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kemenakertrans Reyna Usman mengatakan upaya negosiasi gaji terus ditempuh pemerintah menyusul penempatan TKI ke korea selatan bersifat government to government (G to G). 

“Selain itu, TKI di Korea Selatan, meski sudah berjumlah 35.412 orang tidak memungkinkan untuk membentuk sebuah union atau serikat pekerja untuk menempuh bargain upah minimum,” katanya kepada Bisnis, Jumat (11/4/2014).

Upah minimum tersebut, papanrya, masih ditambah dengan berbagai penerimaan lain seperti upah lembur yang besarannya ditentukan 150% dari penghitungan upah per jam. Saat ini, upah lembur sudah mencapai Rp72.900 per jam atau naik dibandingkan dengan periode sebelumnya Rp68.700 per jam. 

Deputi penempatan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Agusdin Subiantoro mengatakan negosiasi upah tersebut setiap tahun dilakukan oleh pemerintah menyusul kebutuhan TKI yang sangat tinggi. “Di Korea Selatan, jumlah TKI menempati urutan keempat dari seluruh tenaga kerja asing,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper