Fox Jual TV Berbayar Untuk Beli Time Warner

Annisa Lestari Ciptaningtyas
Sabtu, 26 Juli 2014 | 10:57 WIB
Televisi Berbayar. Fox Jual TV Berbayar Untuk Beli Time Warner.
Televisi Berbayar. Fox Jual TV Berbayar Untuk Beli Time Warner.
Bagikan

Bisnis.com, LONDON—Perusahaan perusahaan media massa multinasional Amerika Serikat, 21st Century Fox Inc setuju untuk menjual bisnis televisi berbayar di Jerman dan Italia senilai lebih dari US$9 miliar, dengan tujuan mendapatkan keuntungan untuk menaikkan tawaran rencana pengambilalihan senilai US$80 miliar untuk Time Warner Inc.

Bloomberg melaporkan Sabtu (26/7/20014) bahwa British Sky Broadcasting Group Plc, yang 39% sahamnya dimiliki oleh Fox, akan membayar 2,9 miliar pound atau setara US$4,9 miliar secara tunai untuk membeli saham Fox di Sky Deutschland AG senilai 57,4%. BSkB akan membeli 100% saham Sky Italia dengan imbalan 2,07 miliar pound secara tunai dan saham di National Geographic Channel.

Penjualan tersebut akan memberikan Murdoch amunisi sebagai pengusaha berusia 83 tahun yang dapat meningkatkan tawaran senilai US$85 per saham untuk Time Warner tanpa membahayakan peringkat kredit kelas-investasi perusahaan Fox yang berbasis di New York tersebut.

Bloomberg pertama kali dilaporkan negosiasi BSkyB dengan Fox pada tanggal 9 Mei dan pada 20 Juli mengatakan bahwa Murdoch sedang mempertimbangkan menggunakan hasil dari penjualan aset untuk meningkatkan tawarannya membeli Time Warner, pemilik CNN, HBO dan studio Warner Bros.

"Kesepakatan ini masuk akal," kata Carlo Alberto Carnevale Maffe, seorang profesor bisnis di Milan Bocconi University. "Broadcaster sekarang harus berkompetisi dalam skala, lingkup dan integrasi teknologi terhadap model bisnis baru seperti Netflix."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper