Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2014: Penumpang Di Purabaya Surabaya Naik 9%

Arus mudik melalui Terminal Purabaya atau yang dikenal Terminal Bungurasih Surabaya Jawa Timur pada H-2 Lebaran (27 Juli 2014) meningkat 9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Ilustrasi suasana di terminla bus/JIBI
Ilustrasi suasana di terminla bus/JIBI

Bisnis.com, SURABAYA - Arus mudik melalui Terminal Purabaya atau yang dikenal Terminal Bungurasih Surabaya Jawa Timur pada H-2 Lebaran (27 Juli 2014) meningkat 9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hardjo, Kepala Sub Unit Kamtib Terminal Purabaya, mengatakan jumlah penumpang bus pada H-2 melebihi kapasitas yang ada, tetapi hal tersebut sudah diantisipasi dengan menyediakan tambahan bus pariwisata yang dilengkapi dengan surat izin trayek insidentil.

"Kemarin penambahan 40 armada bus yang kebanyakan dipakai untuk tujuan luar provinsi seperti Solo, Yogyakarta, Semarang dan Madura. Memang sempat ada penumpang yang harus menunggu ketersediaan bus, tetapi menunggunya tidak terlalu lama," jelasnya di Surabaya, Minggu (27/7/2014).

Hingga H-1 Lebaran, lanjut Hardjo, situasi mudik di Terminal Purabaya tersebut berlangsung aman dan tertib serta tidak ada tindak kenjahatan yang terjadi.

Adapun jumlah armada bus baik kelas ekonomi maupun bus patas yang berangkat pada H-2 yakni sebanyak 1.694 unit dengan total penumpang 91.873 orang.

Pemudik yang berangkat tersebut kebanyakan memiliki tujuan Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Malang, Probolinggo, Banyuwangi, Solo, dan Yogyakarta dengan rata-rata jumlah penumpang di atas 10.000 orang.

Sementara jumlah penumpang pada H-1 di Terminal Purabaya hingga pukul 10.00 tercatat ada bus 660 armada bus yang berangkat dengan total penumpang 36.434 orang.

"Puncaknya memang kemarin saat H-2, tetapi saya rasa untuk hari ini akan tetap ada penumpang tetapi tidak melebihi jumlah saat H-2. Keberangkatan bus terus kami update setiap 2 jam sekali," imbuh Hardjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper