Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Besar Mutlak Persiapkan SDM Hadapi MEA 2015

Pakar manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Budi W Sucipto mengatakan, perusahaan besar (korporasi) harus mempersiapkan sumber daya manusia untuk dapat bersaing baik dalam rangka menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA
 Ilustrasi Semen Indonesia/antara
Ilustrasi Semen Indonesia/antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan besar harus mempersiapkan sumber daya manusia untuk dapat bersaing baik dalam rangka menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA).

Pakar manajemen Fakultas Ekonomi UI Budi W. Sucipto menjelaskan kehadiran MEA mengharuskan perusahaan tidak hanya mampu bersaing di pasar luar negeri tetapi juga harus mampu bersaing di dalam negeri dengan mengandalkan potensi unggulan yang mereka miliki.

"Persaingan yang akan dihadapi tidak hanya barang dan jasa, tetapi juga sumber daya manusia dituntut untuk meningkatkan keahliannya agar tidak terdesak dengan SDM dari luar," ujarnya, Selasa.

Perusahaan dalam hal ini dituntut agar dapat meningkatkan kapabilitas dan kompetensi keahlian yang dimiliki SDM, kalau dinilai masih kurang maka harus diberikan pelatihan agar keahlian yang dimiliki SDM dapat setara minimal di Asean.

"Jadi yang dipersiapkan inovasi produk, kompetensi SDM, serta pengetahuan dan pembelajaran apabila perusahaan ingin memenangkan persaingan," ujar Budi.

Budi mengatakan harus ada riset untuk mendukung persiapan tersebut setidaknya untuk jangka waktu 15 tahun mendatang. Setelah itu proses yang harus dilewati adanya pembelajaran dinamis (dinamic learning) dan pemahaman manajemen (knowledge management).

Salah satu perusahaan yang mempersiapkan persaingan menghadapi MEA dengan mengoptimalkan potensi SDM yang mereka milik adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Perusahaan telah membentuk badan dengan nama Semen Indonesia Center of the Champs (SICC) dalam upaya menciptakan pusat unggulan.

"Semen Indonesia melihat perlunya kesiapan menghadapi persaingan global yang kian ketat. Kami menghadapinya dengan mengintegrasikan pengetahuan dan keilmuan yang dikombinasi dengan best practise yang telah ditekuni korporasi. Salah satu langkah strategis kami adalah SICC," jelas Gatot kustyadji, Direktur Semen Indonesia.

SICC dalam kegiatannya berfokus pada enam hal yakni center of research, center of engineering, center of dynamic learing, center of knowledge management, center of training and service, dan mewujudkan Universitas international Semen Indonesia. Pada tanggal 28-29 Agustus 2014, Semen Indonesia bersama 10 BUMN akan saling tukar pengalaman dan memamerkan center of excellence di masing-masing korporasi bersamaan dengan peluncuran resmi SICC.

Budi W Sucipto menggarisbawahi, untuk mencapai SDM yang siap berkompetisi secara global sebenarnya membutuhkan dukungan dalam bentuk regulasi dari pemerintah serta yang lebih utama lagi harus melalui dukungan asosiasi.

"Kami misalnya memiliki asosiasi Perhimpunan Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia dimana saya duduk sebagai wakil ketua dewan pakar salah satu tugasnya bagaimana melindungi tenaga kerja di Indonesia," ujar dia.

Dengan dukungan dari kementerian Tenaga Kerja, PMSDMI telah menerbitkan standar kompetensi kerja Indonesia (SKKI) yang di dalamnya mensyaratkan kompetensi yang memiliki kandungan lokal.

"Salah satunya mensyaratkan pemahaman mengenai budaya lokal dan bahasa, itu satu-satunya yang mampu melindungi SDM di Indonesia," ujar Budi.

Menurut dia pembangunan pusat keunggulan dalam suatu perusahaan menjadi keharusan yang di dalamnya membutuhkan kreasi dan inovasi. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper