Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megaproyek Air Bersih Jatiluhur: Ini 4 Perusahaan Yang Menggarap

Kepala Badan Pendukung Pengembangan (BPP) SPAM Kementerian Pekerjaan Umum Tamim M Zakaria Amin menyatakan penandatanganan kerja sama megaproyek Sistem penyediaan adir minum (SPAM) Jatiluhur senilai Rp1,6 triliun akan dilaksanakan oleh satu konsorsium.nn
Waduk Jatiluhur/Bisnis.com
Waduk Jatiluhur/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepala Badan Pendukung Pengembangan (BPP) SPAM Kementerian Pekerjaan Umum Tamim M Zakaria Amin menyatakan penandatanganan kerja sama megaproyek Sistem penyediaan adir minum (SPAM) Jatiluhur senilai Rp1,6 triliun akan dilaksanakan oleh satu konsorsium.

Menurut Tamim,  perusahaan yang ada dalam konsorsium penggarap  megaproyek SPAM Jatiluhur adalah PT Wijaya Karya Tbk., Perum Jasa Tirta II, PT Pembangunan Jaya (BUMD DKI Jakarta) dan PT Tirta Gemah Ripah (BUMD Jawa Barat). BPP SPAM merupakan regulator kerjasama air minum dengan swasta.

"Konsorsium diberi waktu enam bulan untuk finansial close dan membentuk anak usaha," jelas Tamin di Jakarta, Senin (1/9/2014). Penandatanganan ini sekaligus menjadi pencanangan non fisik dimulainya megaproyek air bersih bekerjasama dengan swasta.

Skema pembiayaan untuk proyek menggunakan equitas  30% dan pinjaman perbankkan  70%. Adapun porsi saham masing-masing di anak usaha yang akan dibentuk juga diserahkan ke internal konsorsium.

Tamin juga menambahkan perusahan daerah air minum (PDAM) akan membeli air bersih dari konsorsium dengan skema business to business (B-to-B). 4.000 liter/detik akan disalurkan untuk Jakarta, sedangkan selebihnya akan disalurkan untuk Bekasi dan Karawang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper