Pemesanan iPhone6 Membludak, Profit Samsung Tergelincir

Dara Aziliya
Selasa, 23 September 2014 | 18:13 WIB
Aneka produk iPhone
Aneka produk iPhone
Bagikan

Bisnis.com, SEOUL-- Korporasi elektronik raksasa asal Korea Selatan Samsung Electronics Co mencatatkan perolehan pendapatan terendah sejak 2012, terdampak oleh terjualnya 10 juta produk iPhone Apple terbaru.

Pendapatan Samsung pada Agustus tergelincir 2,3% menjadi 1,161 juta won. Adapun profit produsen ponsel pintar terkemuka dunia tersebut telah jatuh 15% sepanjang tahun ini, atau menyusut sekitar US$30 miliar dari nilai pasarnya.

“Produk ponsel pintar Samsung perlahan kehilangan daya tariknya, terdampak persaingan produk China yang lebih murah dan order iPhone 6 yang amat tinggi,” ungkap pihak Samsung Securities Co dalam sebuah laporan yang dipublikasikan Selasa (23/9/2014).

Akibatnya, Samsung memangkas estimasi profitnya untuk tahun ini menjadi 4,7 triliun won dari sebelumnya 5,7 triliun won. Adapun Hyundai Securities Co mengestimasikan Samsung mampu mengantongi profit sebesar 4,7 triliun won pada kuartal III ini.

Di sisi lain, Apple mengklaim perusahaan berlambang buah apel tersebut telah menjual habis 4 juta produk terbarunya iPhone 6 sejak dibuka pre-order pada 12 September lalu.

Apple mengeluarkan produk ponsel pintar berlayar lebar, untuk menyaingi produk Samsung, kompetitor utamanya. Adapun produk iPhone terbaru akan tersedia di lebih dari 20 negara pada 26 September nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Bloomberg/Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper