Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika Pertamina Siap, Regulasi Euro 4 Dipercepat

Terkait penyediaan BBM RON 95, jika PT Pertamina siap maka pihak Kemenhut LH tidak akan menunggu lama untuk merampungkan regulasi Euro 4.

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi Pencemaran Lingkungan Kemenhut LH Karliansyah menjamin bahwa pemberlakuan Euro 4 bakal tetap berjalan.

Bahkan, terkait penyediaan BBM RON 95, jika PT Pertamina siap maka pihak Kemenhut LH tidak akan menunggu lama untuk merampungkan regulasi Euro 4.

Pada November nanti, draf yang hingga kini masih dirampungkan ditargetkan masuk pada pengkajian aspek hukum oleh biro hukum Kementerian.

Adapun draf regulasi terkait standar emisi yang dimiliki Bisnis memuat beberapa hal fundamental dalam upaya menekan angka pencemaran udara.

Dalam draf terakhir yang dibahas Juli lalu, tercantum pada pasal 11 mengenai penggunaan metode pengujian UN ECE R 83-05 atau standar Euro 4.

Peraturan ini berisikan baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru kategori M,N dan O.

Adapun kategori M merupakan kendaraan penumpang, sementara N adalah kendaraan komersial, dan O kendaraan gandeng.

Selain itu, saat ini telah ada pernyataan kesiapan dari PT Pertamina selaku penyalur bahan bakar minyak (BBM) untuk menyediakan RON 95 yang dianggap setara dengan Pertamax Plus.

Menurut Karliansya, jika Pertamina siap dalam ketersediaan dan produksi, pihaknya tidak akan menunggu lama untuk merampungkan regulasi Euro 4.

“Kalau memang Pertamina siap, kami akan percepat lagi,” ujarnya, Jumat (31/10/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper