Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Syngenta Bantu Naikkan Produktivitas Jagung di Karo

PT Syngenta Indonesia melaksanakan peluncuran perdana goes to market Syngenta Experience Theme (SET) guna menyosialisasikan sistem pertanian jagung terintegerasi dengan konsep awali dengan benar (ADB).
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, KARO - PT Syngenta Indonesia melaksanakan peluncuran perdana goes to market Syngenta Experience Theme (SET) guna menyosialisasikan sistem pertanian jagung terintegerasi dengan konsep awali dengan benar (ADB).

Manager Customer Marketing PT Syngenta Indonesia Marsudi mengatakan konsep ADB ditujukan kepada para petani jagung agar mampu secara mandiri meningkatkan hasil dan kualitas panen.

"Dengan begitu juga meningkatkan keuntungan dan kesejahrteraan petani," jelasnya di sela-sela acara Temu Petani, Selasa (19/11/2014).

Marsudi menuturkan ADB meliputi limah langkah, yakni merencanakan usaha tani dan mencegah resiko, memilih varietas jagung hibrida yang sesuai dengan kondisi lahan dan cuaca, mengendalikan gulma, melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit, serta mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan langkah tersebut, jelasnya, petani mampu meningkatkan hasil panen jagung hingga 20% dibandingkan cara pertanian biasa.

"Strategi bertanam jagung pada akhirnya meningkatkan keuntungan bagi petani. Ini sejalan dengan program pemerintah," ujarnya.

Karena itu, sambung Mursidi, Syngenta menggunakan pendekatan SET untuk secara cepat dan efektif mensosialisasikan ADB kepada masyarakat petani. Pendekatan tersebut meliputi lahan demonstrasi plot untuk sekolah lapang bagi petani atau Syngenta learning center, pemberdayaan tokoh-tokoh masyarakat dan kelompok tani atau lead farmer network, serta toko sarana pertanian sebagai media informasi (superior in store).

"Ketiga hal tersebut disinergikan pada waktu dan area yang sama sehingga mudah diakses pengalaman," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper