Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARLI Susun Peta Jalan Pengembangan Rumput Laut

Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) menyusun peta jalan pengembangan komoditi rumput laut dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ARLI yang diselenggarakan di Makassar.
Petani memanen rumput laut. /Antara
Petani memanen rumput laut. /Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) menyusun peta jalan pengembangan komoditi rumput laut dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ARLI yang diselenggarakan di Makassar.

"Kita akan membuat peta jalan untuk rumput laut baik itu per wilayah maupun untuk nasional, yang mencakup pengembangan budidaya, industri hingga ke pasar," kata Ketua Umum ARLI Safari Azis dalam rangkaian acara pelantikan dan Rapat Kerja Nasional ARLI di Makassar, Kamis (19/3/2015).

Peta jalan ini, kata dia, juga akan termasuk usulan zonasi wilayah budidaya rumput laut, hingga upaya untuk menghilangkan hambatan ekspor.

Sebagai negara produsen rumput laut tropis terbesar,lanjutnya, Indonesia memang perlu melakukan langkah-langkah strategis dalam pengembangan dan penguatan lapis ekonomi dari hulu ke hilir dengan tetap memperhatikan daya serap industri dalam negeri dan permintaan luar negeri.

Dia menjelaskan bahwa ARLI juga mendorong upaya peningkatan produksi rumput laut dengan berbagai model kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.

"Kami misalnya juga menjalin kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan baik di kabupaten maupun provinsi untuk melakukan pemetaan daerah potensi maupun budidaya," kata dia.

Di tingkat petani, ARLI mendorong agar pelaku usaha tidak hanya sekedar membeli dari petani tetapi juga menjalin kerja sama teknis maupun finansial dengan petani.

Terkait pelantikan pengurus baru ARLI periode 2014-2019, Safari berharap dalam lima tahun ke depan, ARLI dapat berkontribusi dalam memajukan komoditi rumput laut Indonesia baik untuk ekspor, pengolahan, maupun bahan baku. []


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper