Ratusan Orang Teken Petisi Desak Google Bayar Pajak

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 27 September 2016 | 02:45 WIB
Ilustrasi/Reuters-Darren Staples
Ilustrasi/Reuters-Darren Staples
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Ratusan warga menandatangani spanduk dukungan agar Google, Twitter, Facebook, Yahoo bayar melakukan filter konten dan bayar pajak. Spanduk berukuran 7 M x 6 M ini juga mengajak warga menggunakan internet dan media sosial dengan bijak.

Aksi ini diadakan oleh Komunikonten, Institut Media Sosial dan Diplomasi, pada minggu pagi (25/09/16), di samping Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta

“Kami secara berkala, rutin turun di car free day mengkampanyekan penggunaaan media sosial untuk kepentingan nasional, seperti untuk promosi pariwisata, produk lokal, mencegah separatisme dan radikalisme. Sekarang kita turun mengajak masyarakat mendesak Google, Facebook, Yahoo, Twitter bayar pajak, namun kali ini kita tidak menggunakan pengeras suara, hanya membentangkan spanduk, rupanya respon warga sangat luar biasa, hanya dalam waktu 2 jam 900-an warga ikut tanda tangan. Kami makin semangat ketika teman-teman dari Komunitas SEHATI, sehat cermati informasi tiba-tiba datang dan mereka sangat mendukung”, ungkap Hariqo Wibawa Satria, Direktur Eksekutif Komunikonten di Samping Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta (25/09/16)

Menurut Hariqo, Jika media-media lokal membayar pajak, mengapa media-media baru seperti Google, Facebook, Twitter, Yahoo dan raksasa digital lainnya tidak. Akal sehat kita mengatakan ini persaingan usaha yang tidak sehat. Sebab itu, Hariqo menyebut empat hal yang harus dilakukan dengan gotong royong oleh Pemerintah dan masyarkat. Pertama, meminta para raksasa digital ini bayar pajak, karena itu kewajiban mereka dan hak bangsa kita.

Kedua, meminta raksasa digital melakukan filter, agar konten-konten yang tidak sesuai dengan Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika segera dihapuskan. Orang luar menilai Indonesia melanggar HAM hanya karena video-video sepenggal di youtube, padahal negara kita ini demokrasinya luar biasa sekali, HAM sangat dihargai disini. Ketiga, mendorong agar literasi digital dilaksanakan sejak sekolah dasar. Term of use saat seseorang membuat akun di media sosial harus diubah dalam format tanya jawab, bukan hanya penjelasan seperti monolog, contoh pertanyaan, apakah jika kami memberikan akun, anda siap tidak melakukan fitnah.

Keempat, Indonesia harus memiliki mesin pencari seperti Google, jika tidak selamanya pemerintah dan masyarakat Indonesia akan tergantung kepada Google dan media sosial lainnya. Mesin pencari itu banyak, kita bisa bikin, jika belum bisa kita gunakan mesin pencari yang mau bayar pajak saja.

“Kita tidak anti Google dan mesin pencari lainnya, justru kita termotivasi, jika Larry Page dan Sergey Brin bisa mengapa si Buyung, si Upik, si Ujang, dll tidak bisa. Motivasi lainnya adalah karena mereka tidak bayar pajak ke Indonesia, padahal keuntungannya dari iklan besar sekali. Kami optimis, Indonesia mampu buat mesin pencari yang lebih hebat dari Google, dll”, harap Hariqo Wibawa Satria di Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper