Uber Gunakan Alat Rahasia Agar Usahanya Berjalan Mulus

Lingga Sukatma Wiangga
Minggu, 5 Maret 2017 | 14:57 WIB
Ilustrasi/beritajakarta.com
Ilustrasi/beritajakarta.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan sewa kendaraan berbasis aplikasi online Uber Technologies Inc selama bertahun-tahun menggunakan alat rahasia untuk menghindari pihak berwenang.

Alat rahasia tersebut digunakan di pasar di mana layanan sewa kendaraan berbasis aplikasi menghadapi larangan operasi dari penegak hukum.

Seperti dikutip dari Reuters, Minggu (5/3), The New York Times yang pertama kali melaporkan adanya program, yang disebut Greyball, yang menggunakan data dari aplikasi untuk mengidentifikasi dan menghindari aparat yang bertujuan menangkap pengemudi Uber.

Seperti diberitakan Times, aparat yang berpura-pura menjadi konsumen untuk menangkap pengemudi Uber bisa diabaikan atau dibatalkan permintaannya dengan alat rahasia tersebut.

Alat rahasia yang digunakan Uber itu memungkinkan tampilan di aplikasi menunjukan tidak ada mobil yang tersedia, dalam rangka mengelabui pihak berwenang. Pihak berwenang yang dikelabui adalah para pejabat di kota-kota tertentu yang tanpa kerangka hukum ingin memberhentikan operasi dari Uber..

Seorang juru bicara untuk Uber mengatakan Greyball saat ini masih digunakan, meskipun jumlahnya dikurangi. Selain untuk mengelabui aparat, alat tersebut pun dapat melindungi dari gangguan pesaing hingga penyalahgunaan oleh pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper